Atasi Kanker Mata Sedini Mungkin

DokterSehat.com – Retinoblastoma atau kanker mata menduduki urutan kedua sebagai penyebab kematian pada anak. Harapan hidup pada anak yang mengidap kanker mata dapat meningkat apabila sejak dini kanker mata ditangani dengan tepat. Sayangnya, kebanyakan pasien penderita kanker mata di Indonesia datang ke dokter dengan kondisi kanker mata yang sudah memasuk stadium tiga atau empat. Padahal dalam kondisi kanker yang sudah memasuki stadium tiga atau empat harapan hidup hanya berkisar sekitar 20 %.



Lain halnya dengan para penderita kanker mata yang tinggal di negara-negara maju. Para penderita kanker mata di negara maju rata-rata datang berkonsultasi dengan dokter saat kanker mata masih berada pada stadium satu atau dua. Dengan penanganan yang sedini mungkin, maka bukan hanya mata yang dapat diselamatkan, nyawa penderita kanker mata pun dapat terselamatkan.

Dokter Edi Setiawan dari Rumah Sakit Kanker Dharmais menuturkan bahwa gejala kanker mata yang mendapat penanganan tepat sedini mungkin akan memperbesar kemungkinan harapan hidup pasien sampai sekitar 80 %.

Untuk pengobatan kanker mata melalui jalur medis rata-rata memakan waktu ± 1,5 tahun. Hal ini sering dianggap terlalu lama oleh para pasien sehingga tidak sedikit pasien yang memutuskan untuk beralih menggunakan metode pengobatan alternative atau meminta waktu untuk meminta persetujuan pengobatan medis dari keluarga besar. Padahal, pertumbuhan sel kanker sangat cepat. Oleh sebab itu, penundaan pengobatan akan berakibat fatal bagi penderita penyakit kanker mata.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, akan lebih baik jika masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan mengenali gejala kanker mata sedini mungkin. Berikut ini adalah gejala kanker mata yang dapat dikenali sejak dini: manik bola mata memutih yang disertai dengan mata berubah menjadi juling dan cenderung kemerahan.

Baca Juga:  Orang Tua Perokok Berpotensi Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung Bagi Anaknya

Jika tidak mendapat penanganan yang tepat sedini mungkin, kanker mata dapat mengakibatkan kematian.