Atasi Irritable Bowel Syndrome dengan 5 Cara Mudah Ini

doktersehat-wanita-sakit-perut

DokterSehat.ComIrritable Bowel Syndrome (IBS) adalah kondisi yang membuat saluran pencernaan mengalami gangguan kronik. Penderitanya akan mengalami gejala seperti kram atau nyeri perut, perut kembung karena produksi gas berlebihan, hingga perubahan kebiasaan buang air besar yang cukup ekstrem.

Dikutip dari The Guardian, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah kesehatan ini dengan mudah:

  1. Mencoba probiotik

Pakar kesehatan menyarankan penderita irritable bowel syndrome untuk mengonsumsi lebih banyak produk makanan probiotik. Biasanya, produk ini tersedia dalam bentuk minuman atau yoghurt. Dengan mengonsumsinya, maka flora di dalam usus akan lebih baik dalam melawan bakteri penyebab infeksi, menurunkan gejala sindrom ini, dan mencegah datangnya peradangan.

  1. Mengonsumsi makanan kaya serat

Pakar kesehatan menyarankan penderita masalah kesehatan ini untuk mengonsumsi makanan kaya serat layaknya sayuran, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, dan lain-lain. Dengan melakukannya, maka gejala dari IBS akan semakin jarang muncul. Mengonsumsi makanan ini juga akan membuat berat badan turun dan badan lebih sehat secara keseluruhan.

  1. Berolahraga

Rajin berolahraga selama 30 menit setiap hari bisa menurunkan gejala IBS dengan efektif. Namun, ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter agar bisa memilih olahraga yang tepat dan aman bagi tubuh kita.

  1. Menurunkan stres

Stres ternyata ikut memicu datangnya IBS. Karena alasan inilah ada baiknya kita pandai-pandai mengelola stres dengan meditasi, latihan pernapasan, atau sering melihat alam hijau.

  1. Mencoba minyak pepermin

Mengonsumsi minyak pepermin ternyata bisa menurunkan kram perut dan gejala IBS lainnya dengan efektif. Pakar kesehatan lebih merekomendasikan konsumsi minyak pepermin yang sudah dikemas di dalam tablet sehingga bisa dicerna oleh tubuh dengan lebih lambat.

Sobat Sehat pernah mengalami gejala seperti penyakit irritable bowel syndrome ? Segera periksakan ke dokter jika cukup parah, ya!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik