Atasi Infeksi Vagina pada Bayi

Doktersehat.com –  Infeksi vagina ternyata tidak hanya dialami oleh wanita dewasa saja. Ternyata bayi pun bisa mengalami hal yang serupa.



Biasanya gangguan pada organ intim itu sering dialami oleh wanita dewasa yang sudah aktif melakukan hubungan seks. Namun nyatanya bayi pun bisa mengalami infeksi jamur pada vaginanya. Popok yang lembab dan gelap serta pengaruh obat antibiotik yang dikonsumsi bayi atau balita dapat memicu pertumbuhan jamur.

Kandungan antibiotik yang dikonsumsi bayi ternyata malah membunuh bakteri baik yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur. Popok basah yang dipakai dalam waktu lama menjadi lahan subur perkembangan jamur yang dapat mengfakibatkan infeksi. Ruam akibat pemakain popok pun dapat menyebar sampai pada vagina bayi.

Infeksi jamur vagina biasanya ditandai dengan adanya penebalan seperti keju dan keluarnya cairan dari vagina atau sekitar vulva. Inilah yang menyebabkan bayi merasa gatal sehingga tangannya secara spontan sering menggaruk daerah yang terinfeksi.

Bila infeksi jamur terjadi pada buah hati Anda, sebaiknya jangan berikan obat untuk orang dewasa kepada bayi Anda. Periksakanlah si kecil agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Seringlah mengganti popok anak apabila sudah cukup lembab untuk digunakan. Saat mengganti popok, keringkan area yang tertutup popok dari depan ke belakang agar daerah tersebut tidak lembab saat dipakaikan popok baru serta hindari pemberian antibiotik pada anak secara berlebihan.

Sumber: health.okezone.com