Atasi Depresi dengan Terapi Warna

Doktersehat.com – Dalam kehidupan sehari-hari , tanpa sadar warna dapat mempengaruhi tubuh kita. Dapat dibayangkan bila Anda tinggal di suatu ruangan yang berwarna hitam kelam atau coklat tua, pastilah tubuh dan pikiran Anda enggan untuk berlama-lama tinggal di tempat tersebut. Contoh sederhana tersebut menjadi salah satu dasar dari terapi warna ini. Jika kombinasi warna tertentu dapat menyebabkan pikiran kita stress dan depresi maka pastilah ada kombinasi warna lain yang menyebabkan pikiran kita tenang dan rileks.



Menurut ilmuwan dari Thomas Jefferson University Philadelphia, meditasi atau terapi warna dapat menyingkirkan masalah depresi. Tidak hanya itu, terapi warna juga bisa mengobati rasa mengantuk yang berlebihan dan nafsu makan yang tidak terkontrol.

Para peneliti menunjukkan bahwa saat melakukan terapi warna, reseptor mata mengatur secara silih berganti waktu tidur dan terjaga yang merupakan aktivitas dari proses berpikir dan mood seseorang. Terapi warna mengurangi produksi melanin (hormon tidur) dan menstimulasi bioritme tubuh untuk terus aktif. Berikut adalah warna-warna yang bisa bantu atasi depresi:

1. Ungu violet
Warna ungu violet digunakan dalam terapi warna untuk menenangkan susunan saraf, otot, dan mendukung penyembuhan depresi. Bahkan menurut National Center for Health and Wellness, warna ini dapat membantu mengobati organ tubuh yang terkena dampak stres.

2. Oranye
Warna oranye melambangkan warna matahari yang dipercaya efektif dalam memperbaiki mood dan konsentrasi. Selain itu, warna ini juga dapat menenangkan perasaan takut yang seringkali disertai dengan kecemasan.

3. Kuning

Warna kuning berhubungan dengan cakra solar plexus yang mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan. Warna kuning dapat menstimulasi konsentrasi. Warna ini dapat mengurangi keluhan penyakit yang berhubungan dengan stress.

Baca Juga:  Awas Kanker Kandung Kemih Lebih Fatal Jika Dialami Wanita

4. Indigo
Warna indigo (biru tua) cocok untuk mengatasi gangguan mental seperti rasa cemas dan depresi. Efek tenang yang dihasilkan warna ini disebut-sebut dapat menghilangkan rasa cemas.

5. Biru
Warna biru dapat membuat orang yang memandangnya merasa damai secara mental dan fisik. Jika Anda memiliki gangguan tidur yang disebabkan oleh depresi, mengecat dinding kamar menjadi warna biru juga bisa jadi pilihan untuk mengatasinya.

Ada banyak cara untuk menerapkan terapi ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah dengan duduk di bawah lampu yang memancarkan cahaya biru, mengenakan pakaian berwarna biru, mengecat dinding rumah atau yang paling mudah dengan mengenakan kacamata berlensa warna biru.

Dari berbagai sumber