Atasi Batuk Pada Ibu Menyusui Dengan Obat Alami Ini

DokterSehat.Com – Batuk dan pilek merupakan penyakit sejuta umat. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena flu dan batuk hampir menyerang semua manusia dan semua usia.



Batuk dan pilek yang biasa terjadi pada umumnya disebabkan oleh virus influenza yang menyerang dan biasanya tidak begitu berbahaya. Dan jika penyakit diakibatkan virus, penggunaan antibiotik tidak dibutuhkan.

Virus akan sangat gampang menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Balita dan  bayi akan lebih sering terserang flu dibandingkan orang dewasa.

Namun kasusnya akan berbeda jika ibu menyusui terserang flu dan batuk. Sudah dipastikan seorang ibu yang menyusui tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat flu yang dijual bebas karena nanti akan berdampak dan berefek kepada balita yang disusui.

Untuk flu sendiri, gejala yang rata-rata terjadi adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, demam dan disertai batuk. Flu cukup mengganggu jika kondisinya lumayan berat, sehingga dibutuhkan obat flu untuk meredakan gejala tersebut.

Namun, jika bunda tidak ingin terkena risiko karena minum obat berbahan kimiawi dari dokter ataupun dari apotek, bagi ibu menyusui lebih disarankan menggunakan pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Inilah obat batuk dan flu alami yang aman dan baik untuk ibu menyusui :

  • Bawang putih
    Makan bawang putih mentah dapat dijadikan solusi untuk menyembuhkan batuk dan demam pada ibu menyusui. Caranya cukup mudah, kupas bawang putih lalu cuci bersih makanlah mentah kira-kira sekali makam 1 – 3 siung bawang putih. Makan setidaknya dua kali dalam sehari. Jika tidak suka bawang putih mentah yang rasanya kuat, maka dapat pula direbus ataupun diolah menjadi suplemen yang tetap baik bagi tubuh.
  • Vitamin C
    Berilah tubuh suplemen dan nutrisi dari makanan maupun minuman yang banyak mengandung vitamin c. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang cukup selama menyusui. Hal ini bisa membantu bunda tetap fit dan segera pulih dari flu maupun batuk. Namun ingat, meskipun vitamin C baik, jangan terlalu banyak konsumsi buah ataupun makanan yang mengandung vitamin C hal ini bisa tidak baik bagi kesehatan dan pencernaan bayi Anda.
  • Minuman hangat
    Untuk mengurangi flu dan batuk namun tetap mempertahankan produksi ASI dan kesehatan si kecil, cobalah untuk minum minuman hangat. Minuman hangat bisa membantu tubuh lebih hangat dan fresh saat terkena flu ataupun batuk. Sekedar minum teh hangat, kaldu ayam, jahe hangat dan susu hangat disinyalir baik bagi ibu menyusui.
  • Madu
    Siapa yang tidak mengenal madu. Sudah sejak lama madu dikenal ampuh menyembuhkan berbagai penyakit dan juga sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan. Ketika Anda menyusui dan menderita flu, usahakan mengkonsumsi madu setiap pagi. Hal ini bisa membantu Anda sembuh dari flu dan batuk.
Baca Juga:  Waspada, Jangan Asal Menempatkan Wewangian di AC Mobil

Untuk Anda para ibu menyusui ataupun calon menyusui, siapkan selalu bahan-bahan herbal sebagai obat batuk untuk Ibu menyusui. Hal ini sebagai persiapan jika sewaktu-waktu Ibu mengalami batuk sementara Anda ingin si kecil tetap sehat dan aman tumbuh kembangnya. Tetapi ingat, tidak semua bahan herbal baik dikonsumsi saat menyusui. Pastikan bahwa Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk hasil maksimal dan bayi maupun bunda tetap fit.