Atasi Batuk Dengan Jus Nanas

DokterSehat.Com – Buah nanas termasuk dalam buah yang cukup banyak digemari oleh banyak orang, rasanya yang manis membuat buah ini nikmat untuk dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, hingga dalam rujak. Pakar gizi sendiri menyebutkan jika nanas adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi andai kita sedang melakukan program diet mengingat buah ini kaya akan kandungan serat, antioksidan, sekaligus vitamin C. Namun, tahukah anda jika buah nanas ternyata juga sangat baik untuk mengatasi batuk?

doktersehat-nanas-diabetes-batuk-tuberkulosis

Pakar kesehatan melakukan sebuah penelitian pada tahun 2000 dan hasilnya dirilis dalam jurnal Del Pharma Chemica. Penelitian ini sendiri melibatkan para penderita penyakit tuberkulosis dimana mereka diminta untuk mengkonsumsi campuran dari jus nanas mentah, garam, madu, dan juga cabai. Hasilnya adalah, andai kita mengkonsumsi jus nanas saat batuk, kita akan lebih cepat menurunkan lendir dan dahak lima kali lipat jika dibandingkan dengan semua jenis obat batuk sirup. Dengan semakin menurunnya kadar lendir dan dahak pada saluran pernafasan, tentu kita akan lebih cepat untuk mengatasi batuk, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan di dalam nanas yang disebut sebagai bromelain, semacam enzim yang memiliki kemampuan melawan inflamasi serta membunuh bakteri pemicu masalah kesehatan pada tenggorokan sebagai alasan mengapa jus nanas bisa menurunkan kadar lendir dalam jumlah yang signifikan sekaligus meredakan sakit batuk. Bahan alami ini tentu saja akan lebih nikmat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan meminum obat batuk, memiliki harga yang lebih murah, sekaligus tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Lantas, bagaimanakah cara kita membuat jus nanas yang bisa mengatasi batuk? Sederhana kita dengan mudah menyiapkan nanas yang belum terlalu matang dan kemudian blenderlah dengan halus. Setelah itu, campurkan buah nanas ini dengan perasan lemon dan madu dan aduk dengan merata. Ramuan jus nanas ini bisa kita minum dua hingga tiga kali sehari dan batuk pun akan segera mereda.