Atasi Asam Urat dengan Kulit Manggis dan Daun Sirsak

DokterSehat.com – Asam urat merupakan penyakit  yang menyerang persendian. Kristal-kristal kecil hasil metabolisme tubuh yang mengandung kadar purin tinggi dan tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal melalui urine dapat menumpuk di persendian. Akibatnya, timbul gejala seperti bengkak dan memerah di jaringan sendi (umumnya terjadi pada sendi jari-jari kaki dan tangan), muncul rasa nyeri yang luar biasa, dan sendi terasa kaku.



Penyakit asam urat disebabkan oleh peningkatan produksi asam urat karena nutrisi, yakni mengonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk ke dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Peningkatan produksi asam urat juga bisa dikarenakan obat-obatan, hipertensi, diabetes mellitus, obesitas, dan hiperlipidemia.

Meski kini banyak obat-obatan yang mampu mengatasi masalah asam urat, namun seperti yang kita ketahui bahwa  obat-obatan kimia tentu memiliki efek samping. Pengobatan yang tidak tepat malah akan merusak sendi dan ginjal.

Untuk mengobati asam urat Anda tak hanya bergantung pada pengobatan kimia, Anda juga bisa mengatasinya secara alami yakni dengan kulit manggis dan dan daun sirsak.

Kulit Manggis

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, manfaat kulit manggis sebagai obat asam urat berhubungan dengan adanya zat xanthone yang berfungsi mengurangi kerusakan sel akibat adanya radikal bebas dalam tubuh. Kulit manggis ini sangat bermanfaat karena mengandung bahan kimia alami yang berguna sebagai anti peradangan sehingga berguna sekali mengobati penyakit asam urat.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit manggis bisa membantu memecah kristal asam urat yang sudah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh menjadi bagian yang lebih kecil sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh melalui urin atau kotoran.

Baca Juga:  Obat curek atau congek (telinga berair)

Selain itu, kandungan protein yang tinggi bisa memperbaiki fungsi ginjal. Dengan begitu, fungsi ginjal menjadi lebih baik yakni menyaring zat purin sebagai pemicu terjadinya asam urat.

Kulit manggis juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk memperbaiki sel tulang atau sendi yang rusak akibat asam urat. Dengan begitu asam urat bisa hilang dan tidak akan kambuh lagi.

Daun Sirsak

Daun sisak mempunyai kandungan luar biasa sebagai obat alami asam urat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang barkhasiat mengatasi asam urat, misalnya: senyawa tanin, caoksalat, fitosterol, dan alkaloid murisine. Daun sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang dapat melancarkan sekresi asam urat melalui urine. Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi (menekan peradangan) serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.