Atasi Asam Lambung Naik Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman adalah refluks asam lambung. Masalah kesehatan ini terjadi karena asam lambung naik pada kerongkongan kita dan memicu sensasi layaknya terbakar atau dalam dunia medis disebut dengan heartburn. Tak hanya itu, refluks asam lambung juga bisa membuat dada terasa nyeri dan perut kembung.



Jika kita merasakan masalah asam lambung naik ini, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan seperti gorengan, daging olahan, buah-buahan sitrus seperti jeruk, minuman beralkohol, serta minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut ternyata bisa membuat gejala refluks asam lambung naik menjadi semakin parah. Untungnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa meringankan gejala dari naiknya asam lambung ini. Apa sajakah makanan tersebut?

Buah pepaya
Salah satu buah yang dikenal luas memiliki rasa yang manis dan kaya akan vitamin ini ternyata bisa membantu kita meringankan gejala asam lambung naik. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan papain yang ada dalam pepaya. Kandungan enzim papain inilah yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Tak hanya itu, kandungan serat dan enzim proteloitik pada buah ini juga bisa membuat perut menjadi lebih nyaman.

Buah pisang
Buah yang kaya akan kalium ini ternyata memiliki kadar asam yang rendah. Dengan mengkonsumsinya, maka rasa tidak nyaman pada lapisan esophagus karena naiknya asam lambung bisa diredakan.

Jus lidah buaya
Lidah buaya ternyata memiliki sifat anti peradangan. Dengan mengkonsumsi jus yang menyegarkan ini, kita pun bisa meringankan kondisi peradangan pada kerongkongan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Permen karet
Meskipun bukan termasuk makanan karena akan kita buang begitu rasa manisnya menghilang, permen karet ternyata bisa membantu kita meningkatkan produksi air liur. Air liur inilah yang nantinya akan menetralkan asam lambung sekaligus menurunkan kembali asam lambung dari kerongkongan dengan cepat.