Atasi Anemia Saat Hamil Dengan Cara Berikut Ini

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh ibu hamil adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Meskipun terlihat layaknya masalah kesehatan yang biasa saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa anemia bisa membahayakan kondisi kehamilan karena akan meningkatkan resiko terkena keguguran, pendarahan, atau bahkan melahirkan bayi yang sudah meninggal.

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya dengan baik, khususnya dalam hal menjaga kadar sel darah merah. Normalnya, kadar sel darah ibu hamil berada diantara angka 8 hingga 10,5, namun, kondisi anemia bisa menurunkan angka tersebut. Jika kadar ini menurun hingga di bawah angka 7, maka resiko gangguan kehamilan pun bisa muncul.

Demi menjaga kadar sel darah, ibu hamil harus menjaga asupan makanan yang bergizi atau mengkonsumsi suplemen zat besi atau asam folat. Dengan melakukannya, maka kadar sel darah merah bisa meningkat dengan signifikan sekaligus membuat sel darah merah lebih baik dalam mengikat oksigen dan menyebarkannya ke berbagai organ-organ tubuh yang sangat membutuhkannya.

Pakar kesehatan di bidang kehamilan bernama dr. Adya Dilmy SPoG, BMSc, yang berasap dari Departemen Obstetik dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UI dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan sel darah merahnya semenjak fase awal-awal kehamilan atau bahkan sebelum hamil. Dengan mengetahui kadar sel darah merah ini, maka ibu hamil pun bisa mengetahui apakah dirinya memiliki resiko terkena anemia saat hamil atau tidak.

Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil demi mencegah datangnya anemia adalah daging, ikan, dan buah-buahan yang kaya vitamin C dan zat besi seperti jeruk dan mangga. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, maka kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan pun bisa dijaga.