Asupan Terbaik Saat Haid

DokterSehat.com – Saat haid tubuh akan cepat merasa lelah, nyeri perut, dan  mudah marah. Agar tubuh tetap fit, sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat.

7

Mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu melancarkan haid dan mengurangi munculnya gejala-gejala yang membuat tubuh tak nyaman. Berikut ini daftar asupan yang baik dikonsumsi  selama masa haid:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau seperti bayam mengandung zat besi tinggi yang diperlukan tubuh selama haid. Tapi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan efek kembung.

2. Ikan

Ikan jenis salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk merelaksasi otot-otot dalam tubuh selama haid.

3. Pisang

Kandungan kalium dan vitamin B6 dalam pisang baik untuk meningkatkan dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, makan pisang selama haid juga dapat membantu pergerakan usus agar terhindar dari masalah perut seperti diare.

4. Air putih

Selama haid wanita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Karena itu, sebaiknya minum 5 liter air putih selama periode haid.

5. Daging merah

Daging merah juga mengandung zat besi yang dibutuhkan wanita saat haid. Sebaiknya  konsumsi daging merah tanpa lemak bersama salad untuk membantu meningkatkan energi dan mengatur kelancaran aliran darah.

6. Buah-buahan

Semangka, berries, dan plum merupakan jenis buah yang baik dikonsumsi selama haid. Buah-buahan dapat melancarkan aliran darah dan membantu mengurangi kram.