Asupan Penyeimbang Hormon

DokterSehat.com – Hormon tidak hanya berkaitan dengan persoalan seks, akan tetapi juga berkaitan dengan seluruh aspek hidup dalam tubuh. Hormon yang tidak seimbang dapat mengakibatkan beragam masalah mulai dari menstruasi yang tidak teratur, jerawat, stress, dan lain sebagainya.

13

Ketidakseimbangan hormon pada wanita dan pria berbeda, namun keduanya mempunyai gejala kesehatan yang sama. Salah satu langkah untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon adalah dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang sehat untuk tubuh. Beberapa makanan dan minuman berikut ini diklaim dapat mengatasi masalah kesehatan yang dipicu ketidakseimbangan hormonal.

Air Putih

Air putih adalah salah satu cairan yang kaya manfaat. Dengan menjaga kelembaban tubuh, Anda sudah dapat membantu tubuh dalam menurunkan tingkat stres. Untuk itu, rajin mengkonsumsi air mineral adalah salah satu cara praktis untuk menjaga keseimbangan hormone dalam tubuh.

Minyak kelapa

Selain dapat membantu penurunan berat badan, minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon. Namun demikian, konsumsi minyak kelapa harus tetap dengan takaran porsi yang sesuai dan teratur.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat protein adalah untuk mengatasi masalah hormonal. Kacang almond, kacang hijau, dan kenari sangat baik dikonsumsi orang-orang yang mempunyai masalah seperti perasaan bergejolak ataupun stress.

Alpukat

Lemak baik pada alpukat adalah salah satu jenis asupan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon. Bila sulit memperoleh alpukat, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah pisang.

Sayuran

Sayuran merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh. Anda perlu memperbanyak konsumsi sayur untuk menyatibalkan hormon tubuh. Kondisi hormone yang seimbang akan menjauhkan Anda dari kondisi stres, mudah jerawatan, dan tidak teraturnya siklus menstruasi. Dismaping sayuran, buah-buahan juga memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan hormon.

Baca Juga:  Faktor Penyebab Hipertensi

Ikan Yang Mengandung Omega 6

Konsumsi ikan makarel, bahan makanan yang mengandung omega 6, dan kacang-kacangan sangat bagus untuk menjaga kestabilan hormon.

Jika Anda ingin terbebas dari gangguan hormonal yang mencakup masalah seksual, mudah sensitif, menstruasi tidak teratur, dan mudah stress, maka cobalah untuk mengatur konsumsi makanan dan pola hidup Anda. Ingatlah selalu bahwa kesehatan yang terlihat di luar, dimulai dari dalam.