Astaga Belum Usai Beras Plastik, Kini Muncul Susu Deterjen

DokterSehat.Com – Belum selesai ketakutan ibu-ibu rumah tangga dengan munculnya beras plastik, sekarang malah muncul makanan palsu lagi. Tak main-main, baru saja ditemukan susu bubuk palsu yang mengandung deterjen di negara India. Waduh, seperti apa juga penampakan susu bubuk deterjen itu?



Semua ini bermula dari laporan survei Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) yang menyebutkan bahwa setengah dari total sampel susu di India tak memenuhi standar. Pihak pemerintah India menyebutkan pada Selasa (12/5) pekan lalu jika setengah dari total 1.791 sampel susu bubuk di 33 wilayah bagian India di bawah standar kesehatan.

Ada 68,4 persen dari sampel susu bubuk ditemukan tidak memenuhi standar yang ditentukan. Ada sekitar 44,69 persen dari sejumlah sampel susu bubuk skim (susu tanpa lemak) mengandung glukosa sehingga tak memenuhi standar, papar Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, J.P.Nadda seperti dilansir medhajnews.

Yang lebih seramnya lagi dari sejumlah sampel itu terungkap ada susu bubuk yang sangat berbahaya. Di mana ternyata 5,75 persen dari sampel itu ditemukan adanya campuran deterjen. Tentu kamu bisa membayangkan kalau mengonsumsi susu bercampur deterjen, maka akan sangat merusak tubuh sampai berdampak kematian!

Deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci baju itu sudah jelas mengandung bahan kimia berbahaya. Kandungan bahan yang tidak organik itu cenderung mengandung zat karsinogenik yang bisa saja mengubah sel tubuh kamu tidak terkendali yang jelas memicu munculnya kanker.