Mampukah Aspirin Mengatasi Jerawat?

aspirin-untuk-jerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Masalah jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang. Bicara soal jerawat, masalah kulit ini ternyata terbagi menjadi beberapa jenis dilihat berdasarkan kondisinya. Mulai dari jerawat komedo hingga jerawat meradang yang disertai dengan nanah dan pembengkakan. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan Aspirin.

Aspirin sendiri merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Kendati demikian, kandungan bahan dalam Aspirin ampuh meredakan peradangan serta mengeksfoliasi sel kulit mati. Tidak heran jika kulit menjadi lebih cepat sembuh dan tampak lebih cerah. Berikut sejumlah cara untuk menggunakan Aspirin.

1. Pasta Aspirin

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menghancurkan beberapa pil Aspirin hingga lembut. Selanjutnya, tambahkan sedikit air hingga teksturnya menyerupai pasta yang kental. Aplikasikan pasta Aspirin pada jerawat yang meradang setiap malam.

2. Kombinasi Madu

Cara kedua yang disarankan oleh laman Livestrong adalah dengan mencampurkan bubuk Aspirin dengan beberapa sendok madu. Madu dikenal sebagai salah satu bahan yang mengandung zat anti bakteri sehingga mencegah bakteri P. Acnes kembali menginfeksi kulit. Selain itu, kandungan moisturizer pada madu juga menjaga kelembapan kulit secara optimal.

3. Pasta Lidah Buaya

Cara ketiga yang dapat dicoba adalah dengan mencampurkan bubuk Aspirin dengan gel lidah buaya. Campuran satu ini biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat meradang. Apalagi gel lidah buaya memiliki sensasi rasa dingin yang menenangkan dan menyegarkan kulit.

Kendati Aspirin dapat mengatasi masalah jerawat dengan ampuh, rupanya obat satu ini tidak dapat digunakan untuk Anda yang memiliki alergi terhadap kandungan Aspirin. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki alergi terhadap Aspirin, dapat menggunakan resep di atas dua kali dalam sehari. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer agar kulit tidak kering apalagi breakout.