Minum Aspirin Bisa Membuat Pria Terkena Kanker

doktersehat melanoma

DokterSehat.Com – Kanker yang sering terjadi pada pria dan cukup berbahaya adalah kanker prostat. Kalau prostat ditumbuhi kanker, pria akan mengalami gangguan seksual dan reproduksi. Kondisi ini akan semakin parah kalau pria tidak segera mengatasi kanker dengan segera. Kematian dan kerusakan organ bisa terjadi dengan mudah.

Selain kanker prostat, pria juga rentan sekali dengan kanker yang terjadi pada kulit atau melanoma. Kondisi ini akan naik hingga dua kali lipat kalau pria mengonsumsi obat tertentu seperti aspirin.

Penelitian terkait pengaruh aspirin dan melanoma

Penelitian terkait dengan aspirin dan melanoma dilakukan di Northwestern University. Dari penelitian ini didapatkan data kalau pria yang mengonsumsi aspirin secara rutin dengan dosis tertentu memiliki kemungkinan terkena kanker kulit atau melanoma hingga dua kali lipat dari pria dewasa.

Situasi ini tidak berlaku pada wanita meski sama-sama mengonsumsi aspirin dengan jumlah yang sama setiap harinya. Dugaan sementara dari peneliti adalah adanya perbedaan permukaan kulit dan sel yang membangunnya. Selain itu ada pengaruh enzim dalam tubuh yang menyebabkan pria jadi lebih rentan.

Dari penelitian ini munculnya melanoma memang tidak serta-merta terjadi pada pria. Ada beberapa pemicu lain yang mempercepat tumbuhnya kanker kulit pada pria. Pemicu tumbuhnya kanker kulit adalah gaya hidup yang tidak sehat dan seringnya kulit terpapar sinar matahari.

Untuk mengatasi munculnya melanoma

Ada beberapa hal yang harus pria lakukan untuk mencegah munculnya melanoma pada tubuh. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memakai sun block kalau sedang berjemur atau pergi ke pantai. Selain itu kalau sering keluar rumah gunakan pakaian yang panjang atau jaket.

Untuk menjaga kesehatan kulit, pria juga disarankan untuk mengubah gaya hidup. Mereka disarankan untuk berolahraga dan menyantap makanan yang sehat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik