Aspirin, Obat Mujarab Penjaga Kesehatan Para Lansia

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar kata obat aspirin, maka yang akan kita pikirkan tentu adalah sebuah obat yang sudah muncul sejak berpuluh-puluh tahun lamanya dan sangat terkenal di dunia sebagai salah satu pereda sakit kepala yang sangat ampuh. Uniknya, selain dianggap sebagai salah satu solusi sakit kepala yang efektif, aspirin juga dianggap sebagai obat sapu jagat yang bisa menangani berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan jika konsumsi aspirin bisa membuat para lansia terjaga kesehatannya.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Penelitian yang dilaporkan oleh portal berita Mirror, menyebutkan jika para lansia di atas usia 50 tahun yang rutin mengkonsumsi aspirin, maka resiko terkena penyakit jantung, kanker usus, atau bahkan serangan stroke, akan cenderung rendah. Selain itu, resiko terkena pendarahan perut dan usus juga sangat rendah. Untuk mendapatkan khasiat ini, para pakar kesehatan pun menyarankan para lansia untuk rutin mengkonsumsi aspirin setiap hari.

Sebuah jurnal kesehatan yang dirilis oleh The U.S. Preventive Services Task Force atau USPSTF juga mengungkapkan opini dimana para lansia dengan rentang usia 50 hingga 69 tahun sebaiknya mulai mengkonsumsi aspirin setiap hari sehingga resiko terkena berbagai macam penyakit para organ kardiovaskular dan juga penyakit kanker kolorektal bisa ditekan hingga 10 persen lebih rendah. Hal ini tentu saja bisa berpengaruh besar pada semakin meningkatnya harapan hidup. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika harapan hidup para lansia yang mengkonsumsi aspirin cenderung bertambah rata-rata 10 tahun lamanya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan jika pada tahun 2011 saja ditemukan lebih dari sebagian kematian di Amerika Serikat yang disebabkan oleh kanker, serangan stroke, hingga penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi aspirin, maka resiko mendapatkan kematian kaerna penyakit-penyakit tersebut tentu juga akan ikut menurun. Memang, fakta ini masih menjadi perdebatan bagi para ahli dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, jika para lansia ingin hidup sehat setiap waktu, konsumsi aspirin setiap hari mungkin bisa menjadi pilihan.