Asma Tidak Menjadi Alasan Untuk Tidak Berolahraga

DokterSehat.Com – Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang bisa membuat kualitas hidup penderitanya mengalami penurunan. Bagaimana tidak, jika penyakit asma ini kambuh, nafas menjadi sesak dan tersengal-sengal. Karena ketakutan akan kambuhnya penyakit ini, banyak penderita asma yang memilih untuk berhati-hati dalam melakukan aktifitas fisik, baik itu kegiatan sehari-hari maupun aktifitas olahraga. Padahal, sebagaimana kita ketahui, salah satu kunci hidup sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Apakah ada cara agar penderita asma bisa tetap melakukan olahraga?

doktersehat-wanita-asma

Pakar kesehatan menyebutkan jika asma ternyata tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Tahukah anda, salah satu legenda sepakbola bernama Paul Scholes ternyata juga mengidap asma! Hal ini berarti penderita asma harus lebih pandai dalam melakukan olahraga sehingga penyakit asma ini tidak mudah kambuh. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan penderita asma untuk melakukan olahraga.

Hal utama yang harus diperhatikan penderita asma tentu saja adalah dengan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sehingga penderita asma bisa melakukan olahraga dengan lebih aman. Jika memang penderita asma membutuhkan obat yang harus diminum sebelum melakukan olahraga, maka dokter pun akan memberikan obat ini dengan dosis yang tepat. Obat-obatan inilah yang diyakini bisa membuat penderita asma tidak mudah kambuh.

Saat melakukan olahraga, penderita asma sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan yang intens. Dengan pemanasan, sistem pernafasan pun akan menjadi terbiasa dengan aktifitas fisik dan tidak kaget dengan intensitas yang berat sehingga beresiko membuat asma kambuh. Setelah olahraga, cobalah untuk melakukan pendinginan untuk membuat sistem pernafasan juga kembali normal. Pastikan bahwa olahraga yang dilakukan juga tidak terlampau berat sehingga memaksakan sistem pernafasan bekerja hingga batasannya dan memicu kambuhnya asma. Lakukan olahraga yang aman asalkan bisa berfaedah baik bagi tubuh dan dilakukan dengan rutin.

Baca Juga:  Sebaiknya Mandi Atau Tidak Sebelum Olahraga?

Penderita asma juga sebaiknya memperhatikan kondisi sekitar saat berolahraga. Sebagai contoh, jika cuaca sedang dingin atau hujan deras, maka ada baiknya olahraga dilakukan di adlam ruangan saja. Selain itu, jika lingkungan di luar rumah ternyata banyak polusi, maka ada baiknya penderita asma mencari tempat yang jauh lebih segar atau memaksimalkan olahraga di dalam ruangan layaknya memakai fasilitas di pusat kebugaran.