ASI Yang Berkualitas Bagi Buah Hati Tercinta

DokterSehat.Com – Meskipun di luar sana banyak produk susu yang diklaim sebagai produk terbaik bagi bayi dan anak-anak, ASI masih menjadi makanan terbaik bagi bayi dan seharusnya tetap menjadi satu-satunya makanan bagi bayi hingga enam bulan pertama bayi setelah dilahirkan. Dengan mengkonsumsi ASI, bayi akan mendapatkan asupan gizi terbaik layaknya protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan berbagai kandungan sehat lainnya yang sangat berguna bagi perkembangan tubuhnya. Sayangnya, ada beberapa wanita yang tidak bisa memberikan ASI terbaik karena kondisi tubuhnya yang tidak bisa memproduksi ASI yang berlimpah. Jika anda masih dalam kondisi hamil dan ingin mempersiapkan ASI terbaik bagi sang buah hati kelak, kita bisa memakai beberapa trik berikut.

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

Meskipun terlihat sepele, niat dan keyakinan diri akan memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati ternyata bisa memicu hormon oksitosin yang akan membuat produksi ASI menjadi lancar dan berkualitas. Ibu yang baik juga bisa mendampingi niat memberikan ASI eksklusif inid engan mempelajari teknik menyusui dengan benar. Pastikan bahwa bayi nantinya bisa menghisap sebagian besar puting payudara sehingga bisa menekan ASI dengan mudah. Disamping itu, bergantian menggunakan payudara kiri dan kanan untuk menyusui harus dilakukan agar si bayi tidak kehabisan ASI.

Untuk memastikan bahwa produksi ASI tetap lancar, usahakan agar sang ibu tidak dalam kondisi stress saat dalam periode menyusui sang bayi. Stress yang berlebihan bisa menekan produksi hormon oksitosin yang tentu saja bisa membuat produksi ASI menjadi tidak lancar. Disamping stress, perasaan yang mudah marah dan lancar sebaiknya dibicarakan dengan suami atau keluarga terdekat agar bisa segera mereda dan tidak mempengaruhi produksi ASI. Disamping mengelola stress, ibu hamil juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Banyak makanan yang bias dikonsumsi ibu hamil agar produksi ASI nya tetap lancar dan berkualitas. Konsumsi makanan empat sehat lima sempurna dan jika perlu ibu hamil juga mengkonsumsi susu yang baik bagi ibu menyusui akan memastikan gizi dan kelancaran ASI bagi sang buah hati.

Baca Juga:  Rahasia Keluarga Bahagia

Jika ibu hamil harus kembali bekerja sebagai wanita karir, ibu tetap bisa memberikan ASI eksklusif setiap saat dengan memompa ASI untuk disimpan dalam botol yang bisa diberikan pada bayi setiap saat. Meskipun akan membutuhkan waktu, ASI eksklusif dalam botol jelas akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan memberikan susu formula bagi sang buah hati tercinta.