ASI Ternyata Mampu Mencegah Munculnya Penyakit Meningitis dan Pneumonia

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika ASI akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kondisi kesehatan bayi. Pakar kesehatan menyebutkan jika nutrisi yang dimiliki oleh ASI sangatlah luar biasa sehingga akan mendukung pertumbuhan bayi yang semakin maksimal. Tak hanya itu, sistem ketahanan tubuh bayi juga akan semakin sempurna sehingga akan semakin tidak mudah untuk ditembus berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan fakta jika bayi akan semakin terhindar dari penyakit mematikan layaknya meningitis dan juga pneumonia.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London ini menyebutkan jika ASI ternyata memiliki senyawa alami yang bisa membuat bayi lebih baik dalam melawan infeksi grup B streptokokus atau yang disebut sebagai GBS. Infeksi ini diketahui cukup sering terjadi pada bayi yang baru saja lahir di Inggris karena bisa memicu munculnya penyakit meningitis, pneumonia, dan juga keracunan darah. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. Nicholas Andreas bahkan menyebutkan jika penelitian ini mungkin hanyalah penelitian tahap awal, namun, dalam waktu sekejap saja sudah menunjukkan betapa luar biasanya manfaat ASI bagi perlindungan tubuh bayi sehingga diharapkan akan meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya ASI bagi bayi.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 183 wanita dari Negara Afrika bernama Gambia sekaligus anak bayinya. DNA para ibu diuji untuk meneliti adanya gen yang terkait dengan golongan darah. Gen-gen inilah yang menentukan jenis gula yang terkandung pada ASI dan manfaatnya dalam melawan beberapa penyakit tertentu. Hasilnya adalah, resiko bayi terkena infeksi setelah kelahiran menurun tajam jika diberikan ASI mengingat kuman-kuman pemicu infeksi ini berhasil dikalahkan oleh kandungan gula pada ASI yang disebut dengan nama lacto-n-difucohexaose I.

Andreas menyebutkan jika ada kemungkinan jika kandungan gula ini akan memungkinkan pertumbuhan bakteri baik pada tubuh bayi sehingga akan memberikan perlindungan maksimal pada usus bayi. Bakteri-bakteri baik inilah yang akan memberikan perlindungan maksimal pada bayi sampai sistem kekebalan tubuh bayi semakin sempurna untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya.