ASI Ternyata Bisa Menumpas Sel Kanker

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ASI memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Tak hanya bisa mendukung perkembangan fisik sekaligus kecerdasan bayi dengan maksimal, ASI juga memiliki kemampuan menyembuhkan. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Swedia bahkan menunjukkan fakta menakjubkan dimana ASI ternyata mampu menumpas kanker. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Adalah Profesor Catharina Svanborg yang berasal dari Lund University yang melakukan penelitian ini. Prof. Catharina melakukan percobaan yang melibatkan beberapa penderita kanker kandung kemih untuk membuktikan manfaat luar biasa dari ASI. Beliau dan timnya menyuntikkan senyawa yang didapatkan dari ASI bernama Human Alpha-Lactalbumin Made Lethal to Tumour Cells atau HAMLET pada tubuh penderita kanker tersebut. Secara luar biasa, jumlah sel kanker pada tubuh penderita kanker ini semakin menurun dan terbuang melalui urine mereka hanya beberapa hari setelah disuntik.

Berbeda dengan terapi-terapi kanker pada umumnya yang belum bisa memberikan efek samping pada sel-sel tubuh yang masih sehat, senyawa HAMLET ini ternyata mampu menyerang sel-sel kanker saja tanpa membahayakan sel tubuh yang sehat. Melihat adanya fakta ini, Prof. Catharina pun yakin jika HAMLET bisa dikembangkan menjadi obat penyembuh kanker.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa senyawa HAMLET ini mampu menghindari lapisan pelindung sel kanker dan langsung menyerang mitokondria yang merupakan bahan bakar utama sel kanker, dan inti dari sel kanker tersebut. Tanpa adanya bahan bakar, sel kanker akan melemah dan kemudian mati.

Pakar kesehatan dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, menyebutkan bahwa senyawa HAMLET dari ASI ternyata mampu melindungi ibu dari penyakit kanker rahim dan kanker ovarium. Tak hanya itu, bayi yang mendapatkan ASI secara rutin juga menurunkan resiko terkena kanker berbahaya layaknya neuroblastoma, leukimia, hingga kanker saraf.