ASI Ternyata Bisa Mengatasi Ruam Popok Bayi

DokterSehat.Com – Adanya popok sekali pakai yang bisa digunakan oleh bayi memang bisa sangat membantu orang tua dalam merawat buah hatinya. Dengan menggunakan popok ini, bayi cenderung bisa lebih tenang, tidak mudah rewel, dan tidur dengan lebih pulas karena setiap kali buang air, air seni bisa langsung terserap pada popok tersebut. Selain itu, penggunaan popok sekali pakai ini juga membuat orang tuanya tidak terlalu sering mengganti atau mencuci popok sebagaimana jika menggunakan popok kain. Sayangnya, penggunaan popok sekali pakai ini terkadang bisa menyebabkan masalah ruam-ruam pada bayi.

doktersehat-vaksin-palsu-bayi-imunisasi-Hipospadia

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kulit bayi memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa dimana kulit tersebut cenderung lebih halus, lebih sensitif, dan lebih rentan untuk terkena gatal-gatal atau iritasi. Andai popok tidak diganti dalam waktu yang lama atau sudah sangat penuh, maka area yang tertutupi popok layaknya lipatan paha atau bokong bayi akan muncul bintik-bintik kemerahan yang terasa gatal. Hal ini tentu akan membuat bayi cenderung lebih rewel dan sulit untuk tidur.

Untuk mengatasi ruam popok ini, kita ternyata bisa menggunakan cara yang mudah dan tidak diduga sebelumnya, yakni dengan menggunakan ASI. Tak hanya menjadi makanan terbaik bagi bayi, ASI ternyata memiliki kemampuan untuk mengobati ruam-ruam. Kita hanya perlu mengoleskan beberapa tetes ASI pada kulit bayi yang mengalami ruam-ruam dan kemudian biarkan saja ASI ini mengering. Setelah itu, kita tinggal memakaikan kembali popok bayi.

Menurut pakar kesehatan, ASI ternyata memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan meredakan iritasi pada kulit dengan efektif. Tak hanya itu ASI ternyata tidak memiliki resiko alergi, khususnya dalam menyebabkan ruam popok menjadi lebih parah.

Baca Juga:  Benarkah Ruam Popok Pada Bayi Tidak Boleh Diberi Bedak?

Meskipun mudah untuk diatasi, ada baiknya orang tua harus memastikan untuk segera mengganti popok andai sudah penuh atau jika sudah digunakan cukup lama. Dengan menjaga pantat bayi tetap bersih dan kering, maka masalah ruam popok pun bisa dicegah dengan lebih baik.