Asam Urat Pada Anak Muda

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika asam urat tidak akan menyerang anak muda. Memang, penyakit ini memiliki reputasi menyerang mereka yang sudah tua atau yang sudah berusia lanjut, namun karena gaya hidup anak muda yang semakin buruk, maka kini penyakit ini juga menyerang mereka yang masih berusia muda, termasuk remaja dan anak-anak.

asam urat anak muda

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyakit yang juga dikenal dengan nama gout ini memang tidak akan menimbulkan gejala yang parah jika menyerang anak muda jika dibandingkan dengan gejala yang dialami oleh mereka yang sudah berusia dewasa, khususnya yang sudah melebihi 40 tahun. Asam urat sendiri dipicu oleh menumpuknya kristal asam urat yang berasal dari protein purin. Jika penumpukan pada persendian ini sudah cukup parah, maka persendian ini akan mengalami rasa nyeri, pembengkakan, dan juga sensasi panas.

Mengapa kini banyak anak muda yang juga bisa terkena penyakit asam urat? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, hingga pola makan yang tidak sehat seperti seringnya mengkonsumsi makanan manis dan kaya gula sejak masa anak-anak bisa menjadi pemicu masalah kesehatan ini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, diketahui bahwa jumlah penderita asam urat pada anak muda dengan usia 20-an hingga 30-an ternyata meningkat 2 kali lipat dalam satu dekade terakhir. Sejak tahun 2012 sendiri, penderita asam urat pada usia anak muda ini naik sekitar 30 persen.

UK Gout Society menyebutkan bahwa jika anak muda tidak ingin terkena penyakit asam urat ini, ada baiknya mereka lebih baik dalam mengendalikan berat badannya agar tetap ideal. Tak hanya itu, ada baiknya mereka juga mulai menurunkan asupan makanan dan minuman yang kaya akan fruktosa seperti minuman bersoda.

Baca Juga:  Asam Urat - Penyebab Asam Urat dan Hubungannya dengan Makanan

Dengan menerapkan pola makan yang ideal ditambah dengan rutin berolahraga, maka kita pun bisa mencegah datangnya penyakit ini dengan lebih baik.