Asam Mefenamat (2)

DokterSehat.Com Cara Menggunakan
Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan asam mefenamat. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.



Konsumsi obat ini dengan mulut, biasanya 4 kali sehari dengan segelas penuh air (8 ons atau 240 mililiter) atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan berbaring selama setidaknya 10 menit setelah minum obat ini. Jika perut terasa nyeri, minum obat ini dengan makanan atau susu. Jangan mengkonsumsi asam mefenamat dengan antasida kecuali dokter yang meresepkannya. Antasida tertentu dapat mengubah jumlah asam mefenamat diserap oleh tubuh.

Dosis didasarkan pada kondisi medis dan respon terhadap terapi. Untuk mengurangi risiko perdarahan lambung dan efek samping lainnya, minum obat ini pada dosis efektif terendah untuk waktu sesingkat mungkin. Jangan tingkatkan dosis, atau mengkonsumsi obat lebih sering dari yang seharusnya, atau pada waktu yang lebih lama dari yang ditentukan. Obat ini biasanya tidak harus dikonsumsi selama lebih dari 7 hari pada suatu waktu.

Jika Anda mengkonsumsi ketika diperlukan (tidak pada jadwal rutin), ingat bahwa obat sakit bekerja terbaik jika mereka digunakan ketika tanda-tanda pertama dari nyeri terjadi. Jika Anda menunggu sampai gejala memburuk, obat mungkin tidak bekerja dengan baik.

Jika Anda menggunakan obat ini selama periode nyeri, konsumsi dosis pertama segera setelah periode nyeri dimulai. Biasanya, Anda hanya akan perlu untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 hari periode nyeri.

Beritahu dokter Anda jika sakit Anda berlanjut atau memburuk atau jika Anda mengalami gejala baru.

Efek Samping
Lihat juga bagian Peringatan.

  • Sakit perut, mual, mulas, pusing, mengantuk, diare, dan sakit kepala dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang mengkonsumsi obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Obat ini dapat meningkatkan tekanan darah. Periksa tekanan darah secara teratur dan beritahu dokter Anda jika hasilnya tinggi.
  • Katakan kepada dokter Anda segera jika ada efek samping tidak mungkin namun serius terjadi: pingsan, sakit kepala parah, perubahan perdengaran (misalnya, telinga berdenging/tinitus), detak jantung cepat / berdebar, perubahan mental / suasana hati, sakit perut, sulit / sakit menelan, pembengkakan pergelangan kaki/kaki/tangan, pertambahan berat badan yang tiba-tiba, perubahan pandangan, kelelahan yang tidak biasa.
  • Berhenti mengonsumsi asam mefenamat dan konsultasikan dokter segera jika salah satu efek samping yang jarang tapi sangat serius terjadi: mudah memar / pendarahan, tanda-tanda infeksi (misalnya, demam, sakit tenggorokan persisten), leher kaku yang sulit dijelaskan, perubahan jumlah / warna urin.
  • Obat ini dapat, namun jarang untu kmenyebabkan penyakit hati serius yang dapat berakibat fatal. Jika Anda menyadari salah satu efek samping berikut, berhenti mengkonsumsi asam mefenamat dan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker segera: mual/muntah yang menetap, ssakit perut yang parah, kelemahan, urin berwarna gelap, mata / kulit menguning.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, hentikan mengkonsumsi asam mefenamat dan segera mencari bantuan medis jika Anda melihat salah satu gejala reaksi alergi yang serius: ruam / lecet, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.