Asam Jawa, Bumbu Dapur yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu bumbu masak yang cukup sering digunakan dalam masakan khas tanah air adalah asam jawa. Tak disangka, asam jawa ternyata bisa memberikan cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan andai mengkonsumsi asam jawa ini?



Membuat sistem metabolisme tubuh meningkat
Jika kita rutin meminum ramuan asam jawa yang ditambahi madu atau gula jawa, maka sistem metabolisme tubuh akan meningkat dengan signifikan sehingga kita pun bisa menjaga berat badan tetap ideal. Minuman ini sendiri bisa mendukung program diet dengan baik.

Membuat sistem kekebalan tubuh meningkat
Asam jawa ternyata kaya akan kandungan antioksidan sehingga andai kita rutin mengkonsumsinya, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Hal ini tentu akan membuat kita lebih terlindungi dari berbagai virus, kuman, atau bahkan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

Menjaga kesehatan kulit
Asam jawa ternyata sangat baik dalam dalam mendukung kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat, vitamin B, vitamin C, enzim, dan asam alpha hydroxyl yang mampu membantu pengangkatan sel kulit mati secara alami. Tak hanya itu, asam jawa ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar atau luka-luka lainnya pada kulit.

Membuat jantung sehat
Konsumsi asam jawa secara teratur ternyata bisa membuat tubuh mencegah proses oksidasi kolesterol dengan signifikan. Hal ini tentu akan berpengaruh positif bagi kesehatan jantung sehingga resiko untuk terkena penyakit jantung pun menurun dengan signifikan.

Membuat sistem pencernaan sehat
Jika kita mengkonsumsi air asam jawa yang dicampur dengan susu, lemon, dan madu, maka tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan bakteri yang bisa memicu gangguan kesehatan pada perut kita layaknya sakit maag atau radang usus.

Baca Juga:  Blueberry Bisa Cegah Kanker dan Diabetes?

Mengendalikan diabetes
Asam jawa memiliki sifat unik dalam menahan karbohidrat pada tubuh. Alhasil, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rutin mengkonsumsinya akan membuat kita lebih baik dalam mengendalikan kadar gula darah.

Menurunkan resiko kanker
Tingginya kadar antioksidan dalam asam jawa membuat kita menurunkan resiko berbagai penyakit kanker jika rutin mengkonsumsinya.