Asam Alfa Lipoat (ALA) – Efek Samping, Kewaspadaan, Peringatan, dan Cara Pakai (4)

Nama: Asam Alfa Lipoat



Efek Samping

  • Asam alfa-lipoat aman untuk kebanyakan orang dewasa ketika diminum, bila digunakan secara intravena atau bila diterapkan pada kulit. Orang yang memakai asam alfa-lipoat secara diminum dapat mendapatkan ruam. Orang berisiko kekurangan tiamin harus mengkonsumsi suplemen tiamin.
  • Orang dengan diabetes harus berhati-hati untuk terus memeriksa kadar gula darah mereka karena asam alfa-lipoat dapat menurunkan gula darah.

Khusus Kewaspadaan & Peringatan:

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang penggunaan asam alfa-lipoat selama kehamilan dan menyusui. Pilihan aman adalah untuk tidak menggunakan.
  • Diabetes: Asam Alfa-lipoat dapat menurunkan kadar gula darah. obat diabetes Anda mungkin perlu disesuaikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.
  • Penggunaan alkohol yang berlebihan / defisiensi tiamin: Alkohol dapat menurunkan jumlah tiamin (vitamin B1) dalam tubuh. Mengkonsumsi asam alfa-lipoat ketika ada kekurangan tiamin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jika Anda minum banyak alkohol dan mengkonsumsi asam alfa-lipoat juga, Anda harus mengkonsumsi suplemen tiamin.
  • penyakit tiroid: Mengkonsumsi asam alfa-lipoat mungkin mengganggu perawatan kondisi hipotiroid atau hipertiroid.

Peringatan
Obat untuk kanker (kemoterapi) berinteraksi dengan asam alfa-lipoat
Asam alfa-lipoat merupakan antioksidan. Ada beberapa kekhawatiran bahwa antioksidan dapat menurunkan efektivitas beberapa obat yang digunakan untuk kanker. Tetapi terlalu dini untuk mengetahui apakah interaksi ini terjadi.

Interaksi minor: hati-hati dengan kondisi berikut

  • Obat untuk diabetes (obat Antidiabetes) berinteraksi dengan asam alfa-lipoat
  • Asam alfa-lipoat dapat menurunkan gula darah. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Mengkonsumsi asam alfa-lipoat bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah. Lebih banyak bukti diperlukan untuk mengetahui apakah interaksi ini merupakan keprihatinan besar. Monitor gula darah Anda dengan cermat.
  • Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes meliputi glimepiride (Amaryl), glyburide (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), klorpropamid (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lain-lain .
Baca Juga:  Cefazolin injeksi - Efek Samping dan Peringatan (2)

Cara penggunaan
Asam alfa-lipoat dapat dikonsumsi tiga puluh menit sebelum makan, tanpa dikunyah atau dihancurkan, dengan dosis awal dimulai dari 600 mg, baik sebagai suplemen yang berdiri sendiri maupun sebagai obat. Dosis pemeliharaan dan dosis lanjutan serta frekuensi konsumsi asam alfa-lipoat dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan fisik berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan respons pasien terhadap obat.

Asam alfa-lipoat dalam bentuk krim diaplikasikan dalam jumlah secukupnya di area wajah dan leher. Perhatikan takaran pada kemasan sebelum Anda mengonsumsi asam alfa-lipoat.