Asam Alfa Lipoat (ALA) – Informasi Kesehatan (Lanjutan) (3)

Nama: Asam Alfa Lipoat (ALA)



Informasi Kesehatan (Lanjutan)

Bukti tidak cukup untuk:

Penuaan kulit. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung 5% asam alfa-lipoat untuk wajah dapat mengurangi garis-garis halus dan kekasaran karena kerusakan akibat matahari. Penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan produk yang mengandung asam alfa-lipoat (DermaVite) dua kali sehari selama 6 bulan meningkatkan ketebalan kulit dan kerutan halus.

Keracunan jamur Amanita. Penggunaan asam alfa-lipoat dalam mengobati keracunan jamur kontroversial. Beberapa peneliti merekomendasikan untuk tidak menggunakan asam alfa-lipoat untuk tujuan ini.

Sindrom mulut terbakar. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 800 mg asam alfa-lipoat oleh mulut setiap hari selama 8 minggu tidak mengurangi gejala terbakar pada orang dengan sindrom mulut terbakar. Namun, penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa hal itu tampaknya mengurangi terbakar di mulut.

Sindrom Carpal tunnel. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi kombinasi produk yang mengandung 600 mg asam alfa-lipoat selama 90 hari meningkatkan fungsi pada orang dengan sindrom carpal tunnel.

Demensia. bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam alfa-lipoat mungkin memperlambat penurunan kemampuan berpikir pada orang dengan berbagai jenis demensia. Namun, hampir satu tahun pengobatan mungkin diperlukan.

Glaukoma. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 75-150 mg asam alfa-lipoat setiap hari selama 1-2 bulan dapat meningkatkan penglihatan pada orang dengan glaukoma.

Gagal jantung. Bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam alfa-lipoat dapat mengurangi tekanan pada arteri pada orang dengan gagal jantung.

HIV. bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300 mg asam alfa-lipoat setiap hari selama 6 bulan meningkatkan jumlah sel darah putih pada orang dengan HIV.

Tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 600 mg asam alfa-lipoat setiap hari dengan obat tidak menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan obat saja.

Baca Juga:  Cefixime - Peringatan dan Kontraindikasi (2)

Sakit kepala migrain. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 600 mg asam alfa-lipoat setiap hari selama 3 bulan memperbaiki keparahan dan frekuensi migrain. Namun, itu tidak memperbaiki jumlah serangan migrain bulanan.

Peradangan hati non-alkoholik (steatohepatitis). Bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 600-900 mg asam alfa-lipoat selama 2 bulan setiap hari dapat mengurangi ukuran hati dan gejala pada orang dengan peradangan hati non-alkohol.

Paparan radiasi. Bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 400 mg asam alfa-lipoat sendiri atau bersama-sama dengan vitamin E selama 28 hari dapat mengurangi gejala paparan radiasi pada anak-anak yang tinggal dekat daerah terkontaminasi.

Arteri tersumbat (penyakit arteri perifer). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300 mg asam alfa-lipoat setiap hari dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan olahraga pada orang dengan penyumbatan arteri.

Kelemahan kaki dan nyeri (linu panggul). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 600 mg asam alfa-lipoat setiap hari selama 60 hari memperbaiki sakit kaki dan kelemahan akibat kerusakan saraf. Namun, tampaknya obat tidak memperbaiki kualitas tidur pada orang dengan kondisi ini.

Kondisi lain.  Bukti lebih lanjut diperlukan untuk menilai efektivitas asam alfa-lipoat pada kondisi berikut:

  • Sindrom kelelahan kronis (CFS).
  • Kanker
  • Penyakit Lyme.
  • Penyakit Wilson.
  • Penyakit jantung.