Asalkan Penuh Niat, Mengurangi Konsumsi Gula Bisa Kok Dilakukan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika masyarakat modern mengkonsumsi gula per hari jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan masyarakat pada jaman dahulu. Kini, banyak orang yang sangat menyukai makanan manis dan akan terasa ada yang kurang jika tidak mengkonsumsi gula. Tanpa disadari, sebagian besar masyarakat ternyata telah kecanduan gula sehingga beresiko terkena beberapa dampak kesehatan layaknya obesitas hingga penyakit diabetes. Kita pun harus segera mencoba untuk menurunkan konsumsi gula harian.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Mencoba menurunkan konsumsi gula harian tentu akan menjadi hal yang sulit mengingat ada kemungkinan kita akan merasa mudah lapar, mudah lesu, dan kurang energi. Namun, sedikit demi sedikit kita bisa melakukannya. Pakar kesehatan dr. Marilyn Glenville menyebutkan jika kini kita harus lebih bijak dalam memilih berbagai produk atau bahan makanan sehingga bisa mulai meminimalisir kandungan gula yang dikonsumsi. Bacalah label kemasan dengan seksama dan ada baiknya komposisi yang mengandung akhiran ose atau osa dihindari karena hal itu menandakan adanya kandungan gula.

Membatasi makanan adalah cara lain untuk mengurangi konsumsi gula harian. Makanan manis layaknya kue sebaiknya mulai kita hindari demi kesehatan tubuh. Selain itu, jika kita mudah merasa lapar karena menurunnya asupan gula, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi protein yang berasal dari ikan, kacang-kacangan, telur, hingga biji-bijian. Menambah konsumsi protein sendiri sangatlah disarankan karena bisa membuat perut kita menjadi lebih kenyang dalam waktu yang lama.

Dengan mengurangi asupan gula, mikroba dalam usus tentu akan mengalami penurunan jumlah dengan drastis. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan jumlah bakteri jahat di dalam usus akan semakin meningkat dan menyebabkan masalah kesehatan. Ada baiknya kita mengimbangi penurunan konsumsi gula ini dengan konsumsi makanan dan minuman prebiotik yang bisa menjaga kadar bakteri baik dalam usus dan membersihkan saluran pencernaan.

Baca Juga:  Waspada Wabah Penyakit Lyme

Untuk memastikan diet penurunan konsumsi gula tetap berjalan lancar, pastikan bahwa kita tetap konsisten hingga tubuh mulai terbiasa kembali dengan asupan gula yang menurun. Jangan mudah terpancing dengan makanan-makanan manis dan kaya akan gula demi kesehatan tubuh.