Asal Minum Obat Saat Hamil Bisa Menyebabkan Bayi Terlahir Dengan Katarak

DokterSehat.Com– Katarak adalah masalah kesehatan yang memiliki gejala berupa keruhnya lensa mata. Biasanya, hal ini dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Yang tidak disangka adalah, katarak ternyata juga bisa dialami oleh mereka yang berusia dewasa muda atau bayi yang baru saja dilahirkan.

doktersehat-bayi-lahir-Infeksi-Cytomegalovirus

Pakar kesehatan dr. Setiyo Budi Riyanto, Sp.M yang merupakan Ketua Servis Bedah Refraktif Jakarta Eye Center menyebutkan bahwa secara statistik, penderita katarak 89 persennya adalah orang lanjut usia. Sisanya adalah mereka yang kerap terpapar sinar ultra violet matahari dan katarak juvenal yang dialami oleh bayi yang baru lahir.

Kasus katarak yang ada pada bayi sebenarnya mengingatkan kita pada kasus yang dialami oleh putra Asri Welas. Penyebab dari munculnya katarak pada bayi ini juga sangat beragam, namun, salah satunya adalah kebiasaan ibu hamil yang sembarangan dalam mengkonsumsi obat atau jamu.

Karena alasan inilah dr. Setiyo sama sekali tidak merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi obat dengan sembarangan. Menurut beliau, andai ibu jatuh sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, ada baiknya mereka segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang paling tepat untuk menanganinya.

Dr. Setiyo menyebutkan bahwa ada baiknya ibu hamil mewaspadai obat-obatan jenis steroid yang mampu menyebabkan lensa mata pada janin di dalam kandungan keruh. Jika bayi sudah terlanjur terkena masalah kesehatan mata ini, orang tuanya bisa segera berkonsultasi ke dokter untuk segera mengatasinya.