Aroma Sabun Wangi Bisa Membuat Kita Tidur Lebih Nyenyak

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mandi di sore atau malam hari setelah melakukan berbagai aktifitas. Meskipun suhu udara cukup dingin atau kita sudah merasa sangat lelah lelah, ada baiknya kita tetap mandi agar berbagai kotoran bisa dibersihkan dari tubuh. Dengan tubuh yang lebih bersih dan segar, maka kita pun bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

doktersehat-sabun-batangan

Tak hanya karena sensasi bersih dan segar setelah mandi, pakar kesehatan menyebutkan bahwa aroma wangi dari sabun yang kita gunakan saat mandi ternyata juga bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak. Dalam sebuah polling yang dilakukan The Doctors di media sosial Twitter, diketahui bahwa 42 persen orang mengaku jika aroma sabun setelah mandi bisa menenangkan pikiran dan membuat mereka tidur dengan lebih nyenyak. Dr. Mehmet Oz yang berasal dari The dr. Oz Show pada tahun 2010 silam juga menyarankan kita untuk menggunakan sabun dengan aroma wangi lavender untuk membantu kita tidur dengan lebih baik.

Tak hanya membuat kita mudah mengantuk atau tidur dengan lebih nyenyak, aroma sabun ternyata juga bisa mengatasi berbagai hal layaknya kram otot yang bisa saja muncul saat tidur sehingga membuat kita terbangun. Dengan menghirup aroma sabun, maka otot akan menjadi lebih rileks dan masalah ini bisa diatasi.

Meskipun belum ada penelitian tentang hal ini, pakar kesehatan menduga bahwa aroma sabun yang biasanya berasal dari wangi bunga bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran sehingga kita pun akan menjadi lebih tenang dan lebih mudah terlelap. Hal ini berarti, andai kita mengalami insomnia atau kesulitan untuk segera terlelap, segeralah untuk mandi agar bisa mendapatkan aroma sabun yang harum ini agar bisa lebih cepat untuk tertidur. Jika tidak, kita bisa meletakkan sabun di dekat tempat tidur agar aroma ini bisa membuat kita lebih rileks dan terlelap.