Aroma Makanan Berikut Ini Efektif Membantu Kita Memperbaiki Mood

DokterSehat.Com – Karena beberapa sebab, kadangkala kita bisa merasakan suasana hati yang buruk dan tidak nyaman. Mood yang buruk ini bisa mengganggu konsentrasi dan semangat kita untuk beraktifitas, atau bahkan bisa memicu stress yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Untungnya, kini kita bisa mengatasi mood yang buruk dengan cara merasakan bau-bau tertentu yang bisa kita temui sehari-hari. Indera penciuman ternyata bisa membuat kita merasakan kenyamanan atau semangat jika membaui beberapa hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-roti

Anda merasakan perubahan mood yang drastis di suasana kerja? Tak perlu bingung, anda bisa segera memperbaiki suasana hati dengan cara membuat kopi di dapur. Kopi memang diminum memang bisa membuat kita menjadi lebih awas dan berkonsentrasi, namun, tahukah anda jika aroma kopi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita menghirup aroma kopi hangat, maka tingkat stress kita bisa menurun dengan signifikan, pikiran yang lebih rileks dan positif. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian tentang aroma kopi dan tingkat stress yang dilakukan pada tikus percobaan, dimana tikus yang menghirup aroma kopi akan cenderung lebih rileks dan tidak lagi gelisah.

Mood yang buruk ternyata juga bisa diperbaik jika kita menghirup aroma roti yang baru saja diangkat dari oven atau dari toaster. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh University of Southern Brittany, Perancis. Aroma roti yang masih hangat dan baru diangkat dari oven ini akan membuat pikiran menjadi lebih rileks dan kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan emosi dan rasa marah.

Beberapa aroma natural pun diyakini akan secara efektif memperbaiki suasana hati kita layaknya aroma apel, lavender, hingga peppermint. Aroma lavender akan secara efektif mengurangi stress dan rasa sakit, sementara itu, aroma apel yang memberikan sensasi segar juga bisa membuat tekanan darah berkurang. Sementara itu, aroma peppermint diyakini bisa membuat suasana hati lebih baik dan lebih bersemangat.