Aripiprazole (3)

Nama: Aripiprazole



Kewaspadaan

  • Sebelum mengkonsumsi aripiprazole, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif (seperti propilen glikol), yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama: masalah aliran darah di otak (seperti penyakit serebrovaskular, stroke), diabetes (termasuk riwayat keluarga), masalah jantung (seperti tekanan darah rendah, penyakit arteri koroner, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur), masalah sistem saraf (seperti demensia, NMS, kejang), obesitas, jumlah sel darah putih yang rendah (termasuk riwayat kekurangan sel darah putih yang disebabkan oleh obat), masalah menelan.
  • Obat ini mungkin membuat Anda pusing atau mengantuk atau menyebabkan penglihatan kabur. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan atau pandangan yang jelas sampai Anda yakin Anda dapat melakukan kegiatan dengan aman. Hindari minuman beralkohol.
  • Obat ini dapat membuat Anda berkeringat lebih sedikit, namun membuat tubuh menjadi merasa terbakar. Hindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan Anda terlalu panas, seperti kerja keras atau berolahraga di cuaca panas, atau menggunakan bak air panas. Ketika cuaca panas, minum banyak cairan dan berpakaian ringan. Jika Anda terlalu panas, cepat mencari tempat untuk menenangkan diri dan beristirahat. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami demam yang tidak segera turun, perubahan mental / suasana hati, sakit kepala, atau pusing.
  • Sediaan cair dari produk ini dapat dicampur dengan gula. Perhatian dianjurkan jika Anda memiliki diabetes. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang penggunaan yang aman dari produk ini.
  • Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama kejang, mengantuk, kebingungan, tardive dyskinesia, masalah menelan, dan efek samping lainnya. (Lihat juga bagian Peringatan.) Mengantuk dan kebingungan dapat meningkatkan risiko jatuh.
  • Sebelum menjalani operasi atau pencabutan gigi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepakan maupun dibeli secara mandiri di warung serta produk herbal).
  • Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Bayi yang lahir dari ibu yang telah menggunakan obat ini selama 3 bulan terakhir kehamilan dapat mengembangkan gejala yang meliputi kekakuan atau kelemahan otot, mengantuk, kesulitan makan / bernapas, atau menangis terus menerus. Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada bayi baru lahir Anda terutama selama bulan pertama mereka, beritahu dokter segera.
  • Karena masalah mental / suasana hati yang tidak diobati (seperti gangguan bipolar, schizophrenia) dapat menjadi kondisi serius, jangan berhenti minum obat ini kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, hamil, atau berpikir Anda mungkin hamil, segera diskusikan dengan dokter Anda manfaat dan risiko menggunakan obat ini selama kehamilan.
  • Obat ini masuk ke dalam ASI. Menyusui ketika mengkonsumsi obat ini tidak dianjurkan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.
Baca Juga:  Metilprednisolon - Dosis dan Indikasi untuk Dewasa (1)

Interakasi Obat

  • Interaksi obat dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Artikel ini tidak mengandung semua interaksi obat mungkin. Catat daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk semua obat yang diminum baik yang obat yang diresepkan dokter maupun obat yang dibeli secara mandiri di warung serta produk herbal) dan ceritakan kepada dokter dan apoteker. Jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.
  • Obat yang dapat berinteraksi dengan obat ini adalah: metoclopramide.
  • Beritahu dokter atau apoteker jika Anda mengkonsumsi produk lain yang menyebabkan kantuk termasuk alkohol, antihistamin (seperti cetirizine, diphenhydramine, CTM), obat-obatan untuk tidur atau kecemasan (seperti alprazolam, diazepam, zolpidem), relaksan otot, dan penghilang rasa sakit narkotika (seperti kodein).
  • Periksa label pada semua obat-obatan (seperti alergi atau batuk-dan-dingin) karena mereka mungkin mengandung bahan-bahan yang menyebabkan kantuk. Tanyakan apoteker Anda tentang keamanan menggunakan produk tersebut.

Overdosis
Jika overdosis dicurigai, hubungi ruang gawat darurat segera

Catatan:

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Jika Anda melewatkan dosis, konsumsi segera setelah Anda ingat. Jika dekat waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan melanjutkan jadwal pemberian dosis yang biasa Anda. Jangan minum dosis berganda untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan
Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan siram obat ke toilet atau jangan tuangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan kepada apoteker atau ke pihak pembuangan limbah obat lokal.