Aripiprazole (2)

Nama: Aripiprazole



Efek Samping
Lihat juga bagian Peringatan.

  • Pusing, sensasi melayang, mengantuk, mual, muntah, kelelahan, kelebihan air liur, penglihatan kabur, peningkatan berat badan, sembelit, sakit kepala, dan kesulitan tidur. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Untuk mengurangi risiko pusing dan sensasi melayang, bangun perlahan ketika bangkit dari posisi duduk atau berbaring.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: pingsan, perubahan mental/suasana hati (seperti peningkatan kecemasan, depresi, pikiran bunuh diri), kesulitan menelan, gelisah (terutama pada kaki), gemetar (tremor), otot kejang, ekspresi seperti topeng wajah, kejang, tanda-tanda infeksi (seperti demam, sakit tenggorokan persisten), kesulitan mengendalikan dorongan tertentu (seperti perjudian dan seks).
  • Obat ini mungkin jarang membuat kenaikan tingkat gula darah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes. Jarang, namun dapat terjadi, kondisi sangat serius seperti koma diabetes. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengalami gejala gula darah tinggi, seperti peningkatan rasa haus dan peningkatan frekuensi buang air kecil. Jika Anda sudah memiliki diabetes, pastikan untuk memeriksa gula darah Anda secara teratur. Dokter mungkin perlu menyesuaikan obat diabetes Anda, latihan program, atau diet.
  • Obat ini mungkin jarang menyebabkan kondisi yang disebut tardive dyskinesia. Dalam beberapa kasus, kondisi ini mungkin permanen. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengembangkan setiap gerakan yang tidak terkendali yang tidak biasa (terutama wajah, mulut, lidah, lengan, atau kaki).
  • Obat ini mungkin jarang menyebabkan kondisi yang sangat serius yang disebut sindrom neuroleptik maligna (NMS). Cara pertolongan medis segera jika Anda memiliki gejala berikut: demam, kekakuan otot / nyeri / kelemahan anggota tubuh, kelelahan yang parah, kebingungan, berkeringat, denyut jantung cepat/tidak teratur, urin gelap, perubahan jumlah urin.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, mendapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.