Obat Aripiprazole: Fungsi, Cara Pakai, & Efek Samping

Obat Aripiprazole-doktersehat

Aripiprazole obat apa? Apakah Anda adalah salah satu orang yang penasaran tentang fungsi atau manfaat Aripiprazole? Obat Aripiprazole adalah obat yang digunakan untuk terapi skizofrenia dan gangguan bipolar. Aripiprazole adalah obat yang dimanfaatkan untuk mengurangi gejala depresi dan gangguan iritabilitas yang berhubungan dengan autisme.

Obat Aripiprazole adalah obat yang dimasukkan dalam golongan obat antipsikotik, karena obat ini dapat menyeimbangkan kadar senyawa kimia pada otak penderita gangguan mental atau gejala depresif.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang fungsi Aripiprazole atau manfaat Aripiprazole, Anda dapat membaca pembahasan lebih lengkap di bawah ini tentang obat Aripiprazole. Penggunaan Aripiprazole harus disesuaikan dengan pengaturan dosis Aripiprazole yang sesuai terhadap kondisi pasien yang akan menggunakan obat ini sebagai obat untuk terapi depresi.

Nama: Aripiprazole
Nama Dagang: Abilify

Manfaat Aripiprazole – Fungsi Aripiprazole

Aripiprazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati gangguan mental/suasana hati tertentu (seperti gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan Tourette, dan agresivitas/lekas marah terkait dengan gangguan autis). Obat ini juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati depresi. Aripiprazole dikenal sebagai obat antipsikotik (tipe atipikal). Ia bekerja dengan membantu untuk mengembalikan keseimbangan kimia alami tertentu dalam otak (neurotransmitter).

Obat aripiprazole adalah obat dapat mengurangi halusinasi dan meningkatkan konsentrasi. Obat ini membantu Anda untuk berpikir lebih jernih dan positif tentang diri Anda, membuat rileks dan mengurangi rasa gugup, dan membantu menjadikan diri lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari. Aripiprazole dapat mengobati perubahan suasana hati yang parah dan mengurangi frekuensi kejadian perubahan suasana hati.

Cara Pakai Obat Aripiprazole

Manfaat Aripiprazole atau fungsi Aripiprazole dapat menjadi efektif apabila digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Tidak hanya tentang dosis, salah satu hal penting yang disarankan untuk diperhatikan dalam penggunaan obat Aripiprazole adalah kapan harus memulai menggunakan obat dan kapan rencana untuk berhenti mengonsumsi obat ini.

Terkadang, ada pasien dengan gejala depresi yang merasa bahwa keadaan mentalnya sudah lebih baik semenjak mengonsumsi obat Aripiprazole. Namun, sama sekali tidak disarankan untuk mengehentikan konsumsi obat Aripiprazole secara langsung atau tiba-tiba tanpa seizin dokter yang mengawasi penggunaan obat ini.

Lebih lengkap, berikut telah dirangkumkan beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara pakai Aripiprazole agar penggunaan obat menjadi efektif dan aman.

  • Baca Panduan Obat dan Leaflet (jika tersedia) di apotek Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsi aripiprazole dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.
  • Konsumsi obat ini dengan mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, respon terhadap pengobatan, usia, dan obat-obatan lain yang mungkin dikonsumsi. Pastikan untuk memberitahu dokter dan apoteker tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan maupun yang dibeli secara mandiri di warung, maupun produk herbal). Untuk mengurangi risiko efek samping, dokter mungkin mengarahkan Anda untuk memulai meminum obat ini pada dosis rendah dan secara bertahap dokter akan meningkatkan dosis Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.
  • Produsen obat mengarahkan untuk menelan obat ini secara keseluruhan. Namun, banyak obat serupa yang berupa tablet release-segera dapat menjadi tablet terbagi atau hancur. Ikuti petunjuk dokter Anda tentang cara untuk mengkonsumsi obat ini.
  • Jika Anda menggunakan bentuk cair dari obat ini, hati-hati mengukur dosis menggunakan sendok takar khusus yang sudah tersedia bersama dengan sediaan obat cairnya. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar.
  • Jangan menambah atau mengurangi dosis obat Aripiprazole, mengkonsumsi lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik dengan lebih cepat dengan melakukan hal semacam itu, dan risiko efek samping akan meningkat.
  • Butuh beberapa minggu untuk mendapatkan manfaat penuh dari obat ini. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Untuk membantu Anda ingat, minum pada waktu yang sama setiap hari.
  • penting untuk terus minum obat ini bahkan jika Anda merasa baik. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika obat ini tiba-tiba berhenti. dosis Anda mungkin perlu menurun secara bertahap.
  • Beritahu dokter jika kondisi tidak membaik atau bahkan memburuk.

Pada beberapa kasus, penggunaan obat aripiprazole yang disertai dengan penggunaan obat lainnya dapat menjadikan adanya interaksi obat. Sangat disarankan untuk Anda mendiskusikan terlebih dahulu penggunaan obat Aripiprazole dengan dokter Anda untuk mengurangi risiko efek samping yang merugikan.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang komposisi Aripiprazole, dosis Aripiprazole, fungsi Aripiprazole, dan manfaat Aripiprazole, silakan membaca halaman selanjutnya.

Aripiprazole – Halaman Selanjutnya :   1   2   3