Area Selangkangan Gelap? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang memiliki kulit yang bersih dan cerah namun saat melihat ke area selangkangan, kulit akan terlihat jauh lebih gelap sehingga membuat kita merasa risih. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gelapnya area selangkangan terjadi karena bagian tubuh ini selalu tertutup oleh pakaian dan terkena gesekan setiap saat oleh celana dalam dan pakaian lainnya. Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencerahkan kembali area selangkangan yang sudah gelap?

doktersehat-organ-intim-wanita-vagina

Menggunakan air perasan lemon
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air perasan lemon ternyata mampu digunakan untuk mencerahkan selangkangan kita yang gelap. Di dalam air perasan lemon, kita bisa menemukan vitamin C yang bisa mencerahkannya. Kita hanya perlu menyiapkan air perasan lemon dan tinggal mengoleskannya di bagian selangkangan kita sambil diberi pijatan lembut. Setelah itu, kita hanya perlu mendiamkannya selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Jika kita melakukannya secara rutin setiap hari selama satu atau dua bulan, maka area selangkangan pun bisa menjadi lebih cerah.

Menggunakan gel lidah buaya
Gel yang diambil langsung dari lidah buaya segar bisa segera kita gosokkan pada area selangkangan secara merata. Setelah didiamkan selama 20 menit, kita bisa membilas selangkangan dengan air hangat. Lakukan hal ini setelah mandi dan selangkangan pun lambat laun bisa menjadi semakin cerah.

Menggunakan yoghurt murni
Yoghurt murni bisa dioleskan pada selangkangan sambil dipijat dengan lembut secara merata. Setelah didiamkan selama 15 menit, kita bisa membilasnya dengan air hangat. Lakukan hal ini dalam beberapa pekan dan kita pun bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Menggunakan campuran jeruk dan bubuk kunyit
Kita hanya perlu mencampurkan dua sendok makan air perasan lemon dan sejumput bubuk kunyit hingga terlarut. Campuran ini bisa dioleskan pada selangkangan sembari dipijat. Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan bilaslah dengan air bersih.

Tak hanya karena gesekan atau kurang bersihnya kita membersihkan area selangkangan, gelapnya area ini juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut sebagai acanthosis nigricans yang berkaitan dengan obesitas atau diabetes. Jika penyebabnya adalah hal ini, ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.