Apel, Buah Manis Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar pepatah konsumsi sebuah apel dalam sehari akan membuat kita jarang jatuh sakit. Dalam realitanya, buah apel memang kaya akan nutrisi baik yang bisa membuat kita mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, apa sajakah manfaat dari buah apel bagi tubuh kita?

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu

Baik untuk kesehatan paru-paru
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh St. George Hospital Medical School dari London, Inggris, menyebutkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi apel setidaknya lima buah atau lebih dalam seminggu, akan memiliki paru-paru yang berfungsi dengan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak atau jarang mengkonsumsi apel. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan antioksidan dalam buah apel yang disebut sebagai quercetin ternyata bisa memberikan kebaikan pada organ paru-paru. Kandungan quercetin ini banyak terdapat pada kulit buah apel sehingga sangat tidak disarankan untuk mengupas buah yang manis ini. Paru-paru pun akan lebih terlindungi dari polusi udara karena adanya kandungan quercetin ini.

Menjaga berat badan tetap ideal
Buah apel sangat disarankan untuk dijadikan camilan sehat dan menggantikan camilan manis dan berlemak yang bisa membuat kita mengalami peningkatan berat badan dengan signifikan. Apel juga bisa dijadikan bahan saus yang akan sangat baik dalam menggantikan gula dan membuat makanan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi. Camilan apel atau saus apel bebas dari lemak dan kolesterol yang akan sangat baik untuk dikonsumsi dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Baik untuk kesehatan kulit
Pakar kesehatan Karen Behnke dari Juice Beauty of California menyebutkan jika kita bisa memakai apel hijau segar sebagai bahan masker wajah. Masker wajah alami ini bisa melembabkan kulit kita dengan baik dan mengurangi guratan garis-garis halus pada wajah.

Baca Juga:  Sawo, Buah Manis nan Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Baik untuk kesehatan kulit kepala
Cuka sari apel ternyata bisa digunakan sebagai pencegah munculnya ketombe pada kulit kepala karena kemampuannya menghilangkan bakteri penyebab ketombe. Kita bisa dengan mudah mengoleskan cuka sari apel dan memijat kulit kepala setelahnya dan kemudian bilas dengan air bersih.