Apalah Alergi Dingin Itu?

DokterSehat.Com – Sebagian masyarakat memiliki alergi pada benda tertentu atau bahkan kondisi tertentu. Beberapa jenis alergi bahkan kurang bisa diterima dengan logika namun dalam realitanya alergi ini bisa menyebabkan banyak hal yang kurang baik. Sebagai contoh, sebagian masyarakat tentu mengalami alergi terhadap suhu udara dingin. Biasanya, orang yang mengalami alergi dingin ini akan mengalami gatal-gatal yang sangat luar biasa di bagian kulit, dan bahkan gatal-gatal ini bisa disertai dengan bentol-bentol yang sangat banyak di sekujur tubuh. Alergi terhadap cuaca dingin tentu akan sangat menyiksa karena kita tidak akan selalu mendapatkan suhu udara yang cukup hangat setiap saat.



Alergi terhadap cuaca dingin bisa terjadi jika seseorang berada di area yang lebih dingin dari yang biasanya Ia rasakan. Sebagai contoh, orang tersebut sedang bepergian ke area pegunungan atau di dalam perkantoran dengan suhu AC yang sangat rendah. Biasanya, awal dari gejala alergi dingin adalah adanya rasa gatal-gatal pada area kulit yang mengalami tekanan lebih besar layaknya di area ikat pinggang atau pakaian dalam. Gatal-gatal ini bisa menjalar ke berbagai bagian tubuh lainnya layaknya tangan atau bahkan leher. Bagi penderita alergi dingin, suhu yang dingin bisa memicu  munculnya sebuah bahan kimia dalam tubuh bernama histamin dari sel Mast pada bagian kulit sehingga akan menyebabkan gatal-gatal dan bentol-bentol di beberapa area tubuh. Inilah mengapa obat dari alergi dingin biasanya berupa obat dari golongan antihistamin.

Terdapat banyak cara untuk mengatasi alergi terhadap suhu yang dingin. Disamping meminum obat pereda alergi atau memakai bedak dan lotion, menghirup uap panas juga dipercaya dapat mengatasi alergi dingin. Hanya saja, untuk memastikan bahwa alergi terhadap suhu dingin ini tidak mudah menyerang kembali, kita harus mengubah pola makan dan juga melakukan pencegahan dini dengan baik. Sebagai contoh, jika kita harus bepergian ke tempat dengan suhu rendah, maka kita bisa memakai jaket yang hangat sehingga kita pun tidak akan begitu merasakan suhu dingin. Kita juga harus memakan makanan yang banyak mengandung vitamin D layaknya dari ikan atau lemak ikan. Vitamin D diyakini dapat membuat alergi terhadap cuaca dingin ini semakin berkurang.