Apakah Yoga Memang Olahraga Terbaik Untuk Mengatasi Stress?

DokterSehat.Com – Tekanan pekerjaan yang tinggi, kondisi ekonomi yang carut-marut, hingga adanya masalah dengan orang lain bisa membuat seseorang terkena stress atau bahkan depresi. Jika hal ini terus dibiarkan, maka dikhawatirkan kondisi kesehatan fisik juga bisa terus menurun. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk melakukan beberapa aktifitas untuk menurunkan kadar stress tersebut layaknya dengan melatih pernafasan atau berlatih menenangkan pikiran. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga yoga.

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Menurut pakar kesehatan, yoga ternyata memang bisa menjadi olahraga yang paling ampuh untuk menurunkan stress. Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap fakta dimana olahraga ini ternyata mampu membuat hormon serotonin dilepas dengan jumlah yang cukup banyak pada otak. Hal ini ternyata bisa berimbas positif pada pikiran kita yang akan menjadi lebih tenang, lebih nyaman, dan terbebas dari stress. Kelebihan lain dari melakukan olahraga ini adalah semakin baiknya kesehatan tulang, khususnya pada punggung dan leher. Selain itu, kita akan bisa melatih otak dengan lebih baik sehingga akan meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Harvard University dan Columbia University New York menyebutkan bahwa dengan rutin melakukan yoga, maka kita bisa menurunkan kadar hormon stress yang menyebabkan depresi dengan signifikan. Kita juga bisa membuat kinerja jantung dan paru-paru semakin membaik sekaligus menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

Menurut pakar kesehatan dari Nordic Chochrane Center dan University of Kobenhavn, diketahui bahwa mereka yang rutin melakukan yoga setidaknya dua kali dalam seminggu ternyata akan mampu menurunkan resiko terkena depresi hingga 35 persen. Dalam penelitian ini, diketahui pula bahwa yoga ternyata secara signifikan menurunkan angka bunuh diri di berbagai penjuru dunia. Selain itu, mereka yang rutin melakukan yoga juga cenderung memiliki harapan hidup yang jauh lebih panjang.