Apakah waxing baik untuk kesehatan kulit ?

DokterSehat.Com – Waxing atau tindakan mencabut bulu di kulit dilakukan para wanita untuk membantu mereka dalam mewujudkan keinginan memiliki kulit yang mulus. Sebab sudah bukan rahasia lagi jika kulit dengan banyak bulu di atasnya mampu merusak penampilan fisik para wanita. Sehingga daripada mencukur, para wanita lebih memilih untuk menggunakan metode waxing yang diklaim bisa mencabut bulu tubuh sampai ke akarnya. Dikatakan mencukur dapat mebuat kulit menjadi hitam dan menjadi tidak bersih.

doktersehat-wax-ketiak

Bagi wanita yang pernah mencoba waxing pasti setuju bahwa waxing cukup menyakitkan untuk kulit. Sebab setelah diolesi dengan semacam lelehan gula, bulu akan ditarik secara cepat menggunakan kain. Nah, karena waxing cukup menyakitkan, sebenarnya apakah prosedur ini baik untuk kulit?

Berikut adalah beberapa hal yang terjadi ketika ketika melakukan waxing pada kulit.

Tingkat elastisitas kulit menjadi berkurang
Waxing yang dilakukan secara rutin dan berkepanjangan ternyata bisa memberikan dampak yang buruk untuk kulit. Salah satunya adalah menyebabkan tingkat elastisitas dari kulit berkurang. Hasilnya, kulit kamu akan mudah berkerut serta rentan akan gangguan karena lapisan kulit jadi menipis.

Munculnya ruam kulit
Rasa sakit yang akibat waxing dapat menilbulkan adanya ruam padaa kulit. Biasanya ruam ini ditandai dengan benjolan kemerahan kecil pada kulit kamu. Untuk meminimalisir gangguan ruam yang lebih lanjut, kamu bisa menggunakan air dingin untuk mengompres kulit yang ruam. Sebab biasanya wax yang panas juga mampu meninggalkan luka bakar pada kulit.

Infeksi kulit
Wax yang digunakan secara rutin dan berulang-ulang juga mampu menyebabkan infeksi kulit dan iritasi. Selain karena panasnya wax, bahan wax yang penuh dengan bahan kimia juga dapat memperburuk kondisi infeksi kulit Anda.

Baca Juga:  Kalsium Bagi Kesehatan Wanita

Munculnya bulu yang tidak tumbuh sempurna
Pseudofolliculitis merupakan salah satu efek samping dari waxing yang sering terjadi.Pseudofolliculitis adalah bulu yang tidak tumbuh dengan sempurna di kulit atau bulu yang tumbuh ke dalam ini terjadi akibat waxing yang dilakukan dengan tidak benar sehingga folikel rambut tumbuh secara berlawanan. Biasanya bulu yang tumbuh akan bertekstur lebih keriting dari biasanya.

Adanya pendarahan atau memar di kulit
Bagi mereka yang berkulit sensitif, waxing bisa menimbulkan pendarahan atau memar di kulit. Dan bisa menjadi semakin parah jika kamu berkulit super sensitif. Di beberapa bagian kulit yang tipis juga bisa menimbulan pendarahan dengan beberapa benjolan seperti bisul yang menyertainya.