Apakah Wanita Juga Mengalami Mimpi Basah?

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang menganggap mimpi basah sebagai sesuatu yang dirasakan oleh kaum pria saja. Mimpi basah sendiri kerap kali dijadikan penanda bahwa seorang pria sudah memasuki masa akil balig atau dianggap sudah bisa bertanggung jawab akan banyak hal. Namun, apakah wanita juga pernah mengalami mimpi basah ini?

doktersehat-wanita-cewek-seksi

Laman kesehatan Times of India menyebutkan bahwa dalam dunia medis, mimpi basah disebut sebagai emisi nokturnal. Yang menarik adalah, pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa wanita juga bisa mengalami mimpi basah ini, meskipun memang mereka cenderung tidak menceritakannya pada orang lain sebagaimana yang kaum pria kerap lakukan pada teman-temannya. Wanita yang mengalami mimpi basah biasanya sedang dalam kondisi sangat bergairah secara seksual saat tidur dan membuat organ vitalnya cenderung lebih basah.

Saat wanita tidur dan memasuki tahapan tidur REM atau rapid eye movement, alirah darah yang berada di sekitar pelvis akan meningkat. Bagi pria, kondisi ini akan menyebabkan ereksi pada penisnya. Sementara itu, bagi wanita hal ini akan menyebabkan vaginanya lebih basah.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Sex Research, disebutkan bahwa 85 persen persen wanita mengalami mimpi basah dan bahkan mendapatkan orgasme saat dalam tidur pada saat usianya mencapai 21 tahun. Hanya saja, frekuensi untuk mendapatkan mimpi basah pada wanita ini memang cenderung tidak sebanyak yang dialami oleh kaum pria, yakni hanya beberapa kali saja dalam setahun.

Pakar kesehatan di bidang seksualitas bernama dr. Andri Wanananda, MS, menyebutkan bahwa mimpi basah pada wainta ini terjadi saat saraf parasimpatik pada tubuhnya merangsang hormon endorfin pada tubuhnya lebih aktif sehingga organ vitalnya akan mengalami lubrikasi dan menjadi lebih basah. Dalam dunia medis sendiri, hal ini termasuk normal dan tidak perlu dikhawatirkan.