Apakah Vitamin C Memang Bisa Menyembuhkan Flu?

DokterSehat.Com– Saat terkena flu, kita tentu kerap mendengar saran dari banyak orang untuk memperbanyak asupan vitamin C. Konsumsi vitamin C diyakini bisa mampu membantu proses penyembuhan penyakit yang dianggap ringan namun cukup merepotkan ini. Sebenarnya, apakah vitamin C memang bisa mengobati flu?

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia berhasil menemukan fakta bahwa vitamin C memang bisa membantu penyembuhan sakit flu sekaligus mencegah penyakit ini datang. Sebelumnya, ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C hanya akan memberikan efek pencegahan penyakit bagi mereka yang cukup aktif layaknya olahragawan atau pekerja militer, bukannya orang biasa. Namun, dalam penelitian ini, disebutkan bahwa orang biasa yang tidak terlalu aktif juga bisa mendapatkan manfaat yang sama. Hanya saja, untuk mendapatkan efek kesembuhan ini, ada baiknya penderita flu mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang cukup besar.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C setidaknya 8 gram dalam sehari bisa mempersingkat proses penyembuhan pileknya hingga 19 persen lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi vitamin C. Sementara itu, mereka yang mengkonsumsi vitamin C setidaknya 4 gram dalam sehari bisa mempersingkat proses penyembuhan pilek hingga 9 persen.

Jika selama ini banyak anggapan yang menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C kurang efektif dalam mencegah atau mengobati flu, bisa jadi hal ini disebabkan karena konsumsi vitamin C yang terlalu sedikit. Dengan mengkonsumsinya dalam dosis yang tinggi, maka vitamin C bisa berfungsi sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan replikasi virus yang menyebabkan pilek.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang terlalu banyak karena menurut National Institute of Health, konsumsi harian vitamin C lebih dari 2 gram dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan resiko terkena diare, mual-mual, dan kram perut. Konsumsi vitamin C dosis besar ini sebaiknya hanya dilakukan untuk melawan pilek dan harus disertai dengan resep dokter agar aman dan tidak memberikan efek samping.