Apakah Vitamin Bisa Membersihkan Jerawat?

DokterSehat.Com – Jerawat dapat muncul di kulit dan kebanyakan muncul pada kulit muka. Anda tentu telah mendengar bintil hitam, bintil putih, jerawat kecil dan zit. Masalah-masalah kulit tersebut dapat menjadi infeksi dan menyebar, menyebabkan jerawat yang banyak terdapat di kulit muka.



Terdapat banyak perawatan di pasaran, tetapi tidak semua dapat bekerja dengan baik untuk setiap orang. Beberapa perawatan dapat menghilangkan gejalanya, tetapi tidak pada akar masalah timbulnya jerawat. Kadang kala kita membuat kondisi kita semakin buruk karena makanan yang kita makan.

Bagaimana Anda tahu jika Anda mempunyai jerawat? Jika awalnya terdapat bintil kecil, peningkatan frekuensi bintil tersebut dapat mengindikasi adanya infeksi.

Penyebab

Jerawat mempunyai bermacam-macam faktor kontribusi. Beberapa darinya tidak bisa dikontrol seperti kecantikan genetik dan bagaimana hormon Anda bekerja. Tetapi, ada suatu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan diet dan berlaku higienis.

Sejauh Anda melakukan sesuatu dengan higienis, dengan mencuci muka dan dapat menjaga pori-pori bersih dari tumbuhnya jerawat. Tetapi, melakukan hal tesebut (higienis) hanya akan merusak kulit Anda, jika pemeliharaan kulit Anda tidak berjalan dengan baik.

Vitamin dan kulit

Apa saja yang kita makan mempunyai pengaruh besar pada bagaimana penampilan kulit Anda. Ketika tubuh bagian dalam tidak bekerja pada tingkat optimal, begitu pula yang terjadi di bagian tubuh luar.

Untuk membantu membersihkan wajah Anda, perhatikan apa yang Anda makan. Menurut CDC, kita seringkali tidak makan apa yang seharusnya kita makan. Makanan tidak hanya sekedar bahan bakar untuk tubuh, setiap makanan yang baik mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan organ pada setiap tingkat dasar kebutuhannya. Kita sering melewatkannya, dan hal tersebut yang membuat kondisi tertentu seperti jerawat dapat berkembang.

Baca Juga:  Ingin Payudara Kencang? Gunakan Masker dari Bahan Alami Ini!

Menambah vitamin tertentu pada diet Anda dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Mulailah dengan mengonsumsi multivitamin setiap hari. Beberapa vitamin yang Anda perlukan terdapat di sini. Untuk sebagian vitamin yang tidak terdapat di sini, terdapat berbagai pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi.

Vitamin A

Ini adalah salah satu komponen untuk perawatan wajah. Mengonsumsinya melalui makanan seperti buah dan sayur lebih diminati oleh tubuh karena makanan tersebut terbuat secara alami. Vitamin A membuat sel baru tumbuh dengan baik.

Asam lemak omega-3

Asam ini dikenal untuk mengurangi peradangan pada wajah, dan jerawat adalah merupakan suatu peradangan. Pilihan makanannya adalah ikan, minyak ikan dan minyak zaitun.

Zinc

Zinc bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin B

Meningkatkan vitamin B dapat menurunkan peradangan pada kulit. Banyak-banyaklah mengonsumsi vitamin B kompleks, maka kekurangan vitamin tidak akan terjadi.

Vitamin penting untuk semua organ tubuh termasuk kulit. Meningkatkan jumlah vitamin dalam diet Anda (mengurangi kemungkinan untuk sakit) dapat meningkatkan penampilan pada kulit Anda.