Apakah Vaksin Cukup Efektif Untuk Pencegahan Difteri?

DokterSehat.Com– Status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri telah dilaporkan oleh 11 Provinsi di seluruh Indonesia. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi siapa saja karena bisa saja anggota keluarga kita sendiri yang akhirnya menjadi korban dari penyakit ini.

doktersehat-vaksin-ulang-kolera

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa salah satu dari penyebab maraknya kasus difteri saat ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang menolak imunisasi, khususnya imunisasi difteri. Sebagai informasi, rangkaian imunisasi yang bisa mencegah difteri adalah vaksinasi DPT-HB-Hib, vaksin DT, dan vaksin Td. Selain itu, kurangnya kesadaran untuk menjalani gaya hidup sehat dan bersih juga ikut menjadi pemicunya.

Lantas, apakah dengan melakukan vaksinasi maka kita sudah bisa mencegah datangnya penyakit ini dengan efektif? Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan bernama Oscar Primadi menyebutkan bahwa cara utama untuk mencegah penyakit ini tentu saja dengan melakukan vaksinasi ini. Sebenarnya, Indonesia telah melakukan program imunisasi yang sudah mencakup imunisasi difteri sejak lebih dari 50 tahun silam.

Imunisasi difteri ini mencakup imunisasi dasar bagi bayi di bawah usia 1 tahun sebanyak 3 dosis vaksin DPT-HB-Hib, lalu dilanjutkan dengan imunisasi lanjutan pada saat anak berusia 18 bulan dan kemudian diberikan kembali beberapa kali saat anak memasuki sekolah dasar. Dengan melakukannya, maka kita bisa mencegah penyakit difteri dengan tingka keberhasilan 95 persen. Untuk orang dewasa, vaksinasi ulang juga bisa dilakukan meskipun sebaiknya memang harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Oscar juga menyayangkan semakin banyaknya kelompok orang yang menolak vaksinasi karena berbagai alasan. Padahal, hal ini akan memicu immunity gap, kondisi dimana ada kesenjangan kekebalan pada sekelompok orang di suatu daerah yang bisa menjadi awal dari penyebaran difteri.

Baca Juga:  Benarkah Tanaman Herbal Ini Bisa Menyembuhkan Penyakit Difteri?

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk melakukan vaksinasi demi mencegah datangnya difteri.