Apakah Tubuh Anda Memiliki Kolesterol Tinggi?

DokterSehat.Com – Kolesterol tinggi dalam tubuh adalah salah satu hal yang sangat ditakuti oleh hampir semua orang. Bagaimana tidak, jika tubuh kita mengandung sangat banyak kolesterol jahat, maka kita akan mengalami masalah pada bagian pembuluh darah dan bila dibiarkan terus menerus, maka masalah layaknya stroke dan masalah jantung bisa saja menyerang tiba-tiba. Hanya saja, banyak orang yang justru malas memeriksakan kondisi kolesterol dalam darah karena takut mendapati tubuhnya memiliki kondisi yang buruk. Sebenarnya, kita bisa mengenali kondisi kolesterol dalam tubuh dengan memperhatikan kegiatan dan kondisi kita sehari-hari. Hal-hal seperti apakah yang menandakan kondisi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh?



Dikarenakan kolesterol erat sekali kaitannya dengan masalah dalam organ jantung, maka area dada pun dapat kita perhatikan. Kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat terjadinya penumpukan kadar lemak pada pembuluh darah arteri sehingga aliran darah pun menjadi kurang lancar. Tersendatnya aliran darah ini dapat menyebabkan rasa nyeri. Memang, nyeri di dada bisa jadi disebabkan oleh rasa lelah. Namun, jika rasa nyeri ini sering terjadi, anda harus benar-benar memeriksakan kondisi kolesterol dalam tubuh.

Kaki dan tangan yang sakit dan pegal-pegal sering dikaitkan dengan kelelahan saat bekerja. Padahal, jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah sangat tinggi, aliran darah pada bagian tangan maupun kaki tentu saja akan tersumbat sehingga rasa sakit pun akan lebih mudah menyerang kedua bagian tubuh. Disamping sakit, rasa kurang nyaman saat digerakkan atau saat menyerang sesuatu bisa menjadi penanda tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Rasa nyeri di bagian leher dan punggung juga dapat menjadi indikasi adanya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Tekanan darah yang berlebihan karena adanya penyempitan pembuluh darah tentu saja harus diwaspadai. Disamping itu, tekanan darah yang tinggi akan memicu sakit kepala yang hebat. Jika anda merasakan beberapa hal di atas, maka jangan ragu untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan dan kolesterol ke dokter setempat agar ditangani dengan lebih baik.