Apakah Trend Terbaru Memakai Krayon Untuk Lipstik Aman Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kaum hawa cukup banyak membicarakan tentang trend kosmetik terbaru yang banyak mengedepankan benda-benda yang bisa ditemukan mudah di sekitar rumah, yakni krayon. Dari berbagai media sosial layaknya vloggers, youtube, atau bahkan instagram, kian banyak wanita yang memakai bahan-bahan layaknya krayon non-toxic sebagai pemulas bibir karena bisa memberikan tampilan bibir yang unik sekaligus menarik. Selain itu, krayon ternyata juga bisa dijadikan eyeliner atau bahkan jenis make-up lainnya. Mengingat kita sebelumnya hanya mengenal krayon sebagai mainan pewarna yang dipakai anak-anak dan terbuat dari bahan kimia, kita tentu bertanya-tanya apakah hal ini aman bagi kesehatan?

doktersehat-bibir-wajah-muka

Salah satu produsen krayon di Indonesia justru menyebutkan jika ada baiknya penggunaan krayon sebagai peralatan make-up ternyata sebaiknya dihentikan saja. Memang, produk krayon biasanya diseleksi dengan ketat dan tidak memiliki kandungan beracun mengingat akan sering dipakai oleh anak-anak dan besar kemungkinan dimasukkan ke mulut oleh anak. Namun, jika krayon ini dioleskan pada bibir atau beberapa bagian kulit wajah, kita tentu masih belum tahu akan ada reaksi apa antara kulit wajah atau bibir dengan bahan-bahan pembuat krayon ini.

Sebagaimana kita ketahui, kulit wajah memiliki sensitifitas yang berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya, apalagi untuk bibir. Karena alasan ini pulalah banyak produk kecantikan atau make-up yang telah dibuat sedemikian rupa agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan kulit wajah. Dengan memakai produk krayon yang aslinya memang tidak diperuntukkan atau bahkan dites untuk dijadikan make-up, kita tentu membuat kulit wajah dan bibir kita beresiko mengalami iritasi atau bahkan alergi. Jika hal ini terjadi, alih-alih akan terlihat cantik, kita justru akan mengalami masalah pada kulit.

Baca Juga:  Manfaat Minum Air Es Setelah Makan

Jangan hanya tergiur dengan tips-tips kecantikan yang belum memenuhi standar kesehatan. Ingatlah bahwa produk make-up juga telah melalui berbagai pengujian agar aman untuk dipakai. Jika ada produk alternatif yang dianggap bisa menjadi pengganti make-up, maka kita tentu harus menelitinya kembali sebelum benar-benar memakainya.