Apakah Tidur Dengan Rambut Basah Bisa Menyebabkan Flu?

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar orang tua yang melarang kita tidur dengan rambut yang basah setelah kita mandi keramas. Rambut yang basah juga akan membasahi bantal seihngga orang tua menganggap hal ini akan membuat kita mudah terkena flu. Padahal, bisa jadi kita baru saja melakukan banyak aktifitas yang membuat kita baru bisa mandi saat malam hari di waktu menjelang tidur dan tubuh kita yang lelah tentu sudah sangat ingin diistirahatkan. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-influenza-sinus

Pakar kesehatan sendiri ternyata masih belum memiliki jawaban yang pasti tentang mitos ini. Hanya saja, ada sebuah penelitian yang mempelajari kaitan antara perubahan suhu dengan kemungkinan tubuh bisa terkena penyakit yang tentu berkaitan dengan mitos tidur dengan rambut basah. Penelitian yang dilakukan oleh Ron Eccles ini secara garis besar membagi para partisipan menjadi dua kelompok dimana pada kelompok pertama, para partisipan diminta untuk merendam kakinya di air dingin untuk jangka waktu tertentu dan partisipan dalam kelompok kedua hanya menempatkan kaki pada bak kosong. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa hari dan pada akhirnya pada hari ke empat dan kelima terjadi perubahan kondisi kesehatan pada kelompok pertama yang merendam kakinya ke air dingin dimana beberapa partisipan mulai mengalami gejala flu. Sementara itu, partisipan dari kelompok ke dua justru tidak mengalami perubahan kondisi kesehatan secara signifikan.

Apakah hasil penelitian tersebut berarti menegaskan mitos bahwa rambut basah saat tidur bisa menyebabkan flu? Beberapa pakar kesehatan lain justru beranggapan bahwa hal ini masih belum bisa dikaitkan karena virus flu justru seringkali menyerang tubuh karena alasan lain dan tidak sekadar karena suhu yang lebih rendah.

Baca Juga:  Meditasi Sangat Efektif Dalam Melawan Stres

Satu hal yang pasti, beberapa pakar kesehatan dan juga pakar kecantikan justru beranggapan bahwa tidur dengan kondisi rambut yang basah ternyata akan mempengaruhi kenyamanan saat tidur karena tidur yang nyaman biasanya berkaitan dengan suhu yang cenderung lebih hangat. Selain itu, tidur dengan rambut basah juga akan mempengaruhi kesehatan dari rambut itu sendiri. Tidur dengan rambut basah akan membuat rambut menjadi lebih kusut dan tidak mudah diatur. Hal ini berarti, ada baiknya memang kita tidak tidur dengan rambut basah namun alasan dari tidak baiknya kondisi ini tidak berkaitan dengan sakit flu sebagaimana mitos yang sering kita dengarkan dari orang tua.