Apakah Tidur Berjalan (Sleepwalking) Berbahaya Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Sleepwalking adalah suatu gangguan yang menyebabkan seseorang bangun dan berjalan saat sedang tidur. Sleep walking atau biasa disebut somnabulisme sering terjadi pada anak usia 8 sampai 12 tahun. Sleepwalking biasanya terjadi selama tidur nyenyak di awal malam, biasanya satu sampai dua jam setelah tertidur. Orang yang melakukan sleepwalking tidak akan ingat episode sleepwalking-nya di pagi hari. Sleepwalking umum terjadi pada anak-anak dan biasanya semakin hilang ketika remaja disebabkan jumlah tidur nyenyak yang menurun.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Gejala-gejala yang dapat  terjadi pada ganggguan tidur ini adalah:
1. Duduk di tempat tidur dan membuka matanya
2. Memiliki ekspresi mata sayu atau berkaca-kaca
3. Berkeliaran di sekitar rumah, mungkin membuka dan menutup pintu atau mematikan dan menghidupkan lampu
4. Melakukan aktivitas rutin, seperti berpakaian atau membuat snack, bahkan mengemudi mobil
5. Bicara atau bergerak dengan canggung
6. Menjerit, terutama jika juga mengalami mimpi buruk
7. Sulit dibangunkan ketika episode sleepwalking terjadi

Banyak faktor yang menyebabkan gangguan tidur ini diantaranya adalah kurang tidur, kelelahan, stress, kecemasan, demam, ataupun pengaruh obat-obatan. Dalam kasus lain, penggunaan alkohol, obat-obatan terlarang atau obat tertentu termasuk beberapa antibiotik, antihistamin, obat penenang dan pil tidur dapat memicu episode sleepwalking.

Biasanya tidak diperlukan pengobatan untuk sleepwalking. Jika Anda melihat anak Anda atau orang lain tidur sambil berjalan di rumah, tuntun dia kembali ke tempat tidur dengan lembut.
Sebenarnya tidak berbahaya jika dibangunkan, tapi dapat mengganggu. Ia mungkin bingung ketika terbangun mendapati dirinya tidak di tempat tidur. Pengobatan untuk orang dewasa dapat menggunakan hipnosis. Meskipun jarang, sleepwalking dapat diakibatkan obat, sehingga penanganan dengan pengobatan mungkin diperlukan.

Baca Juga:  Gejala Penyebab Penyakit Diabetes dan Komplikasi Diabetes

Sleep walking sebenarnya tidak berbahaya kecuali bila penderita melakukan aktifitas yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. seperti berjalan keluar rumah dan turun ke jalan, melakukan aktifitas masak dengan menggunakan api, memanja keluar jendela, dan sebagainya. Apabila sleepwalking ini sudah terjadi setiap hari dan membahayakan bagi diri sendiri dan orang sekitar, perlu dilakukan konsultasi kepada dokter kejiwaan untuk mengetahui penyebab terjadinya gangguan tidur ini.