Apakah Tidak Masalah Andai Keputihan Muncul Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Keputihan adalah hal yang sangat normal terjadi pada kaum wanita. Namun, banyak dari wanita yang tidak pernah menduga jika keputihan ternyata bisa muncul pada saat fase kehamilan. Apakah munculnya keputihan saat hamil ini bisa menjadi tanda akan adanya masalah kesehatan? Berikut adalah penjelasannya.

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Pakar kesehatan menyebutkan jika keputihan yang muncul saat kehamilan ternyata adalah hal yang cukup wajar terjadi. Munculnya keputihan ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang memang cukup wajar terjadi pada wanita hamil dan pada akhirnya berimbas pada meningkatnya produksi cairan pada organ vital wanita dan menurunnya tingkat keasaman pada vagina. Kombinasi dari kedua hal inilah yang pada akhirnya memicu keputihan.

Lantas, apakah keputihan pada ibu hamil perlu dikhawatirkan? Bisa iya dan bisa tidak. Andai keputihan ini ditandai dengan munculnya cairan yang bening dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maka hal ini menandakan bahwa keputihan termasuk dalam kondisi yang normal. Namun, andai keputihan ini muncul dengan cairan yang cukup banyak, sering keluar, dan juga menimbulkan bau yang amis serta menyengat, bisa jadi ini adalah tanda akan adanya masalah kesehatan.

Andai keputihan ini muncul dengan berlebihan, dikhawatirkan hal ini bisa mengganggu perkembangan janin meskipun dalam level yang kecil, mengingat adanya kemungkinan keputihan berlebihan ini dipicu oleh adanya kuman. Beruntung, asalkan kita mengkonsultasikan hal ini pada dokter dan mendapatkan obat yang tepat, maka keputihan ini bisa diatasi.

Saat keputihan muncul, ada baiknya ibu hamil kerap mengganti celana dalamnya dan terus menjaga kebersihan organ vitalnya. Pastikan celana dalam yang dipakai bisa menyerap keringat dengan baik sehingga area kelamin tidak mengalami kelembaban berlebih. Ibu hamil juga sebaiknya tidak menahan keinginan buang air kecil dan tidak menggunakan panty liner karena dikhawatirkan bisa memicu pertumbuhan bakteri dan kuman yang tidak sehat pada area kewanitaannya.