Apakah Tidak Apa-Apa Jika Tetap Memakai Make-Up Saat Berolahraga?

DokterSehat.Com – Olahraga kini telah menjadi sebuah rutinitas yang banyak dilakukan oleh kaum wanita. Bagaimana tidak, selain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, rutin berolahraga akan membuat tubuh mereka menjadi lebih langsing sehingga akan membuat penampilannya menjadi lebih maksimal. Sayangnya, bagi sebagian wanita, berolahraga akan membuat mereka banyak mengeluarkan keringat dan terlihat lebih kusut sehingga bisa merusak penampilannya. Karena alasan inilah ada sebagian wanita yang tetap memakai make up demi terlihat cantik saat berolahraga. Apakah memakai make up saat berolahraga cukup aman bagi kesehatan?

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika berkeringat adalah cara alami tubuh untuk membuat kulit kita menjadi lebih dingin. Andai kita tetap memakai make up saat berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, maka keringat dan berbagai bakteri tidak akan mampu keluar dari pori-pori kulit karena terhalang oleh make up tersebut. Memang, saat berolahraga penampilan kita akan tetap cantik. Namun, kita akan menambah resiko terkena masalah kulit layaknya komedo, jerawat, hingga iritasi pada kulit. Bahkan, pakar kecantikan menyebutkan jika memakai make up bisa membuat kulit wanita mengalami penuaan dini lebih cepat.

Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak memakai make up saat berolahraga. Pastikan bahwa kulit wajah kita bersih saat berolahraga sehingga kulit pun bisa secara alami bernafas dan berkeringat tanpa terhalangi. Hanya saja, andai anda adalah seorang instruktur olahraga yang juga dituntut untuk tampil cantik karena profesi, anda bisa saja memakai make up yang cenderung ringan layaknya bedak atau krim saat berolahraga yang dianggap masih cukup aman untuk dipakai. Setelah itu, segeralah mencuci wajah hingga bersih seusai berolahraga agar kulit bisa segera bernafas dengan normal.