Apakah Tidak Apa-Apa Jika Sabun Cuci Tangan Dicampur Dengan Air?

doktersehat-cuci-tangan
pic credit: peapod labs

DokterSehat.Com– Sebagian orang sengaja mencampur sabun cuci tangan dengan air agar lebih awet. Biasanya, sabun yang lebih encer ini kerap ditemukan di tempat makan. Meskipun lebih encer, tetap saja sabun ini bisa membersihkan kotoran dari tangan karena bisa menghasilkan busa dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika sabun cuci tangan dicampur dengan air?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun bisa memproduksi busa dalam jumlah banyak, sabun yang sudah dicampur dengan air sehingga lebih encer ternyata mengalami penurunan kandungan anti bakteri dengan signifikan. Bahkan, di dalam sabun ini bisa jadi sudah memiliki banyak bakteri yang bisa menyebabkan datangnya penyakit.

Fakta ini terungkap dalam The Journal of Environmental Health yang menghasilkan fakta bahwa 25 persen dari 541 sampel sabun cuci tangan yang didapatkan dari berbagai tempat umum di Amerika Serikat sudah memiliki bakteri heterotrofik dan coliform. Bakteri ini bisa memicu datangnya penyakit seperti muntaber, disentri, atau bahkan kolera.

Para peneliti menduga jika penggunaan satu wadah sabun yang sama dalam waktu yang lama namun kerap kali diisi ulang dengan sabun cair membuatnya mudah tercemar bakteri. Tak hanya itu, kebiasaan kita mencampurkan sabun dengan air akan membuat kemampuan membasmi bakteri dari sabun menurun dan akhirnya membuat sabun tersebut justru memiliki banyak bakteri.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi mencampurkan sabun pencuci tangan dengan air meskipun tujuannya adalah agar lebih irit atau agar sabun yang tinggal sedikit bisa benar-benar dihabiskan. Pastikan untuk selalu menggunakan sabun yang berada dalam kondisi kekentalan aslinya dan rajin-rajinlah mencuci wadah sabun cuci tangan.

Jika kita kurang yakin dengan sabun cuci tangan di tempat-tempat umum, kita juga bisa membawa semacam hand sanitizer berbentuk gel yang bisa kita jadikan alternatif untuk mencuci tangan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik