Apakah Tidak Apa-Apa Jika Pengantin Baru Langsung Menggunakan KB?

DokterSehat.Com – Tidak semua pasangan suami istri yang baru menikah ternyata ingin segera memiliki keturunan. Banyak dari mereka yang ternyata ingin menikmati kehidupan berdua terlebih dahulu selama beberapa saat. Agar bisa mencegah kehamilan, para pasangan ini pun kemudian langsung menggunakan program KB setelah menikah. Sebenarnya, apakah penggunaan KB setelah menikah ini tidak akan memberikan efek samping bagi kesuburan?

doktersehat-kontrasepsi-kb-spiral-iud-kehamilan

Pakar kesehatan dr. Hari Nugroho, SpOG, dari Universitas Airlangga dan RSUD dr. Soetomo menyebutkan jika ada cukup banyak pasangan suami istri yang khawatir andai penggunaan kontrasepsi sebelum memiliki anak bisa membuat kandungan kering sehingga mereka pun sulit untuk mendapatkan kehamilan di masa depan. Namun, menurut beliau, mitos ini ternyata tidak benar adanya. Menurut dr. Hari, andai pasangan yang baru menikah langsung menggunakan alat kontrasepsi demi mencegah kehamilan, maka hal tersebut tidak akan memberikan efek samping bagi kesuburannya. Para pasangan suami istri yang baru menikah juga diperbolehkan menggunakan alat kontrasepsi apapun yang dianggap nyaman dan cocok untuk mereka gunakan.

Menurut dr. Hari, beberapa jenis alat kontrasepsi layaknya pil KB memang mampu membuat mual-mual atau bahkan munculnya flek pada wajah pada awal-awal penggunaannya. Sementara itu, penggunaan KB spiral bisa membuat pendarahan saat menstruasi lebih banyak dari biasanya selama 4 bulan pertama setelah dipasang. Namun, efek samping dari penggunaan alat-alat kontrasepsi ini cenderung berangsur-angsur menghilang dan tidak akan berpengaruh besar pada kesuburan andai ke depannya tak lagi menggunakannya.

Karena alasan inilah ada baiknya pasangan suami istri yang baru menikah namun langsung ingin melakukan program KB bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar bisa mendapatkan alat kontrasepsi yang tepat dengan kebutuhannya.