Apakah Tidak Apa-Apa Jika Kita Tak Sengaja Menelan Permen Karet?

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa yang enak dan sangat asyik untuk dikunyah, dalam realitanya permen karet memang tidak boleh ditelan. Sayangnya, kadangkala kita tidak sengaja menelan permen karet ini. Bagi anak-anak sendiri, menelan permen karet bisa membuat mereka ketakutan karena percaya dengan mitos yang menyebutkan bahwa permen karet ini akan tetap berada di usus hingga bertahun-tahun lamanya. Ada juga mitos yang menyebutkan jika permen karet bisa membungkus beberapa organ vital pada tubuh layaknya jantung sehingga membuatnya tidak lagi berfungsi dengan baik. Memang, mitos-mitos tersebut tidak benar adanya. Namun, sebenarnya apakah tidak apa-apa jika kita tak sengaja menelan permen karet?

doktersehat-permen-karet-gum

Pakar kesehatan menyebutkan jika perut kita memang tidak bisa mencerna permen karet layaknya makanan-makanan lainnya. Untungnya, kondisi ini tidak membuat permen karet kemudian mengendap pada usus. Saluran pencernaan memiliki caranya sendiri untuk menangani benda-benda yang tidak bisa dicerna layaknya permen karet ini, yakni tetap membuatnya terus melalui usus hingga akhirnya keluar bersama dengan kotoran saat kita buang air besar.

Meskipun permen karet memiliki tekstur yang lengket, hal ini ternyata tidak akan mengganggu proses pencernaan yang ada di dalam usus. Air liur kita yang ikut masuk bersama dengan permen karet ternyata bisa membantu permen karet terus bergerak melalui proses pencernaan hingga akhirnya ikut terbuang saat kita buang air besar. Hal ini berarti, asalkan kita tidak menelan permen karet dalam jumlah yang sangat banyak, kita sebenarnya tidak perlu khawatir akan hal ini.

Hanya saja, pakar kesehatan tetap menyarankan kita untuk segera memperbanyak asupan air putih setelah tanpa sengaja menelan permen karet. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan agar bisa membantu mendorong permen karet melalui saluran pencernaan dan membuatnya lebih cepat keluar dari tubuh kita.